Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 20:00 WIB | Jumat, 20 Juni 2014

Titisan Dewi Durga Tetapi Masih Harus Kerjakan PR

Samita Bajracharya, gadis Nepal berusia 12 tahun, titisan Dewi Durga. (Foto: bbc.com)

SATUHARAPAN.COM – Samita Bajracharya, gadis Nepal berusia 12 tahun disembah penduduk sekitar karena dipercaya sebagai titisan Dewi Durga.  Namun, ia masih tinggal bersama keluarganya, belajar—mengerjakan pekerjaan rumah, dan bermain kecapi versi Nepal dari kecapi.

Sepanjang jalan raya yang sibuk di Lalitpur, dekat Kathmandu, sebuah lorong mengarah ke halaman terbuka.

Di sudut belakang, terdapat sebuah rumah sederhana dengan tanda merah di luar yang hanya bertuliskan "Hidup Dewi".

Sebuah tangga kayu sempit mengarah ke lantai dua, di mana sang dewi menghabiskan sebagian besar masa kecilnya. Ia dipuja oleh umat Hindu dan Buddha di Nepal karena dipercaya dia adalah reinkarnasi dari dewi Hindu, Durga.

Sonia Narang, wartawan BBC menyelisik kehidupan sang dewi dengan keluarganya. Ia mewartakannya dalam bentuk narasi orang pertama.

***

Aku harus mengenal ibu sang Kumari ini, tulis Narang. Nepal memiliki beberapa Kumari setelah beberapa kunjungan ke rumahnya.

Bagaimana rasanya ketika putrinya, Samita, terpilih menjadi Kumari, saya bertanya?

"Saya merasa bahagia dan sedih," katanya. "Di satu sisi, saya merasa senang karena ketika putri Anda menjadi dewi, seorang dewi hadir di rumah kami adalah hal yang menyenangkan. Namun, saya juga jadi takut karena saya tidak yakin akan mampu mengikuti semua aturan."

Ada banyak aturan. Misalnya, ibu Samita harus merias wajah khusus untuk wajah putrinya dalam desain yang rumit. Gadis itu tidak diperbolehkan pergi ke luar kecuali untuk festival. Pada kejadian itu, kakinya tidak harus menyentuh tanah. Itu berarti seseorang harus menggendong sang dewi muda.

Selain itu, Kumari tidak diizinkan untuk berbicara dengan orang lain selain keluarga dan teman dekat.

Cara terbaik untuk mengetahui seperti apa kehidupan dewi kanak-kanak ini adalah berbicara dengan mantan Kumari. Saya memanggil pendahulu Samita pendahulu, Chanira Bajracharya (tidak terkait kekerabatan), dan dia setuju untuk sebuah wawancara di rumahnya.

Kami duduk di lantai ruang gelap tempat dia menghabiskan satu dekade berdoa dan memberkati peziarah.

Saya mengira akan melakukan wawancara dengan bahasa Nepal, tetapi ketika saya bertanya padanya, ternyata ia fasih berbahasa Inggris. Dia memberi tahu saya bahwa dia belajar bahasa dengan membaca surat kabar selama masa menjadi Kumari.

"Ketika saya masih seorang dewi, saya digunakan untuk mengintip melalui lubang jendela," kata Chanira.

Dia sekarang seorang mahasiswa bisnis berumur 19 tahun, dan terlihat seperti remaja biasa dengan T-shirt hijau dan celana panjang hitam modis. Dia menjadi Kumari ketika dia baru berusia lima tahun.

"Menjadi seorang dewi adalah seperti menjadi putri dan Anda mendapatkan segala sesuatu di rumah," katanya. "Saya tidak pernah melewatkan pergi ke luar, melainkan menikmati tinggal di rumah dan menjadi bagian dari kehidupan ilahi."

Kehidupan ilahi ini berakhir tiba-tiba ketika Chanira berusia 15 tahun, saat ia mendapatkan haid pertama. Tiba-tiba ia tidak lagi Kumari. Dia mengatakan transisi yang sulit.

"Ketika saya harus melangkah keluar dari rumah saya untuk pertama kalinya, saya tidak tahu bagaimana berjalan dengan baik," katanya. "Ayah dan ibu saya. Mereka saya gunakan untuk memegang tangan saya dan mengajari saya bagaimana berjalan."

Selama bertahun-tahun menjadi Kumari, guru privat mengajarinya di rumah. Tiba-tiba, dia mulai pergi ke sekolah dengan anak-anak lain.

"Ini adalah tantangan besar bagi saya," kata Chanira. "Semua teman sekelas takut berbicara dengan saya karena saya adalah mantan-dewi dan saya diperlakukan sedikit berbeda.

"Mereka bahkan pernah mengatakan bahwa aku seorang alien. Mereka mengatakan itu padaku."

Orang-orang tidak lagi sujud kepadanya atau menyentuh kakinya seperti yang mereka lakukan selama bertahun-tahun.

"Saya kehilangan rasa hormat," katanya. "Saya tidak pernah membayangkan bahwa hidup saya akan jadi berubah sedemikian rupa tiba-tiba."

Segera setelah masa Chanira berakhir, imam lokal memilih Kumari baru. Penggantinya, Samita, kebetulan teman dekat, hampir seperti seorang adik perempuan.

"Ketika saya masih seorang dewi, dia sering datang ke sini dan kami berteman sehingga dia tahu tentang kehidupan Kumari," kata Chanira.

Kehidupan doa Kumari  juga termasuk pekerjaan rumah. Ketika saya kembali ke rumah Kumari saat ini, ibunya memungkinkan saya untuk masuk kamarnya dan menonton sesi les privat.

Untuk pertama kalinya, saya melihatnya sebagai gadis normal saat ia duduk tenang di mejanya, dan hati-hati mengambil catatan.

"Tidak ada tradisi untuk mendidik Kumari di masa lalu," gurunya Rachna Upreti kata. "Dunia mereka berada di empat penjuru kamar mereka."

Berubah

Tapi hal telah berubah untuk zaman modern Kumari. "Dia benar-benar tertarik dengan dunia luar," kata Upreti. "Bukan hanya Nepal, tetapi seluruh dunia."

Ibu Kumari mengajak saya untuk menghadiri festival khusus beberapa hari kemudian. Saya tiba saat dia dengan hati-hati memakaikan make-up ke dahi putrinya.

Dia mengeluarkan hiasan kalung dan gelang lengan dari lemari mahoni penuh aksesoris. Sang Kumari menyeringai saat ibunya mengikatkan perhiasan berat pada dirinya.

Segera, Shobha menggendong putrinya dan membawa dia menuruni tangga ke takhta di tengah-tengah halaman.

Ratusan orang telah berbaris untuk menawarkan bunga Kumari dan sumbangan, dan menyentuh kakinya. Mereka mulai beringsut ke arahnya untuk menerima berkat dan dia menerapkan titik merah terang pada dahi masing-masing peziarah. Kemudian, dia duduk benar-benar diam, tapi matanya melirik ke kiri dan kanan saat penonton memotret dirinya.

Memainkan Sarod

Setelah itu semua selesai, dia kembali ke privasi kamar sendiri. Dia mengambil alat musik favoritnya, sarod, dan mulai berlatih.

Ketika dia memainkan alat musik gesek itu, dia terlihat benar-benar santai. Dia tampaknya melupakan semua tekanan menjadi seorang dewi.

Beberapa bulan setelah saya mengunjungi Kumari, saya belajar bahwa masa jabatannya sebagai dewi hidup telah berakhir, dan seorang gadis yang baru telah terpilih.

"Dari hari pertama ia mendapat haid, dia dikurung di sebuah ruangan gelap di mana tidak ada sinar matahari bisa masuk," Chanira menulis kepada saya. "Tidak ada laki-laki diizinkan. Tapi dia bisa memiliki banyak teman-teman perempuan dan keluarga."

Chanira tinggal dengan temannya Samita pada masa itu untuk membantunya menyesuaikan diri dengan kehidupan baru. Pada hari ke-12 setelah tidak lagi menjadi dewi, Samita akhirnya bisa berjalan di luar rumahnya. Dia sekarang punya teman-teman baru di sekolah.

"Dia bebas untuk pergi ke luar," kata Chanira. "Saya pikir dia bahagia saat ini." (bbc.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home