Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 19:33 WIB | Senin, 15 September 2014

TNI Tindak Lanjuti Pembangunan Mobile Radar

Formasi F-5 Tiger (Foto: tni-au.mil.id)

NUNUKAN, SATUHARAPAN.COM – TNI menindaklanjuti pembangunan instalasi radar bergerak (mobile radar) untuk mencegah pelanggaran batas udara di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Marsekal Muda TNI Sudipo Handoyo Asisten Operasi Kepala Staf TNI AU mengatakan bahwa radar tersebut akan diupayakan beroperasi pada November 2014 mendatang. Arah hadap radar tersebut sengaja ditujukan ke perbatasan Indonesia dengan negara bagian Sabah, Malaysia Timur.

Handoyo menyampaikan bahwa diperlukan lahan 10 hektare untuk menempatkan instalasi strategis tersebut meskipun radarnya bergerak. Instalasi juga dilengkapi dengan dua satuan setingkat kompi Korps Pasukan Khas TNI AU dan Arteleri Pertahanan Udara.

Komando Pertahanan Udara Nasional

TNI telah memiliki Komando Pertahanan Udara Nasional. Komando Pertahanan Udara Nasional ini dipimpin oleh marsekal muda TNI. Penggunanya ialah Presiden RI melalui Panglima TNI. Komando memiliki kewajiban dan kewenangan untuk menginterpretasi dan memaksa, serta melumpuhkan pelanggar kedaulatan wilayah udara nasional.

Apabila radar TNI AU mendeteksi adanya pelangagran batas udara, maka pasukan akan menindak tegas pelanggaran tersebut.

Satuan-satuan ini juga akan diperkuat dengan satuan peluru kendali permukaan-udara.  (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home