Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 17:28 WIB | Jumat, 05 Februari 2016

Tokoh Palestina dan Israel Terima Penghargaan Perdamaian

Mitri Raheb (tengah) dan Gideon Levy (kanan) pada upacara penghargaan Olof Palme Prize tahun 2015. (Foto: WCC/Albin Hillert)

SATUHARAPAN.COM – Pendeta gereja di Palestina dan wartawan harian Israel bersama-sama menerima penghargaan perdamaian atas usaha mereka mewujudkan pemahaman yang baik antar kelompok masyarakat yang dilanda pertentangan lebih dari 60 tahun ini.

Di tengah upacara penghargaan dari Olof Palme Prize tahun 2015 pada 29 Januari lalu, Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) mewawancarai salah satu pemenang Pdt Mitri Raheb, pendeta dari Evangelical Lutheran Christmas Church di Bethlehem dan jurnalis Israel Gideon Levy—dikenal karena kontribusinya dalam koran Haaretz, menggambarkan kehidupan, orang-orang dan korban di wilayah Palestina yang diduduki dan Israel.

Pentingnya Ruang Bersama

Mitri Raheb memulai dengan berbagi pemikirannya tentang pentingnya menerima Olof Palme Prize. “Ini bukan hadiah bergengsi pertama yang saya terima,” katanya, “tapi hadiah ini istimewa karena membawa nama Olof Palme, seseorang yang pada awal tahun 1960-an, 1970-an dan awal 1980-an mengatakan bahwa apartheid tidak bisa ditoleransi di Afrika Selatan, yang mengatakan bahwa kita harus mendukung gerakan-gerakan pembebasan di belahan bumi selatan, dan yang mengatakan kita tidak harus mengisolasi Kuba.”

Levy berkomentar, “Penghargaan ini datang pada waktu yang sangat khusus, ketika situasi di Israel memburuk dalam hal kebebasan berbicara. Penghargaan ini merupakan dorongan yang kuat, pesan dari dunia untuk melanjutkan pekerjaan, untuk menguatkan keyakinan saya, dan tidak untuk berdiam diri.”

Levy menambahkan, “Bahkan, gagasan bahwa ini adalah hadiah bersama antara saya dan Mitri Raheb juga sangat signifikan. Dalam arti, ini adalah ruang di mana Israel dan Palestina bisa bertemu dan berbagi sesuatu. Kesempatan tersebut makin jarang dari hari ke hari.”

Pesan Kuat Perdamaian

Levy menyoroti hal yang penting untuk tidak dilupakan. Yaitu, konflik di Israel dan Palestina bukan hanya konflik antara masyarakat yang berbeda. “Ketika saya berbicara tentang eskalasi konflik di Israel saya sekarang berbicara lebih banyak tentang suasana domestik di Israel, dan apa yang terjadi ke Israel dari dalam,” Levy mengatakan. “Dengan keretakan dalam demokrasi Israel, dalam banyak hal apa yang kita lihat adalah tanda-tanda pertama dari fasisme, tidak kurang dari ini. Dan itu tentu saja sangat, sangat mengkhawatirkan.”

Dia melanjutkan, “Perkembangan ini tentu saja akan juga berpengaruh pada hubungan dengan Palestina. Karena konflik didorong oleh kebencian terhadap orang Palestina. Saat kebencian diperkuat, lebih banyak kekerasan dan pembunuhan akan terjadi “.

Berbicara dari perspektif Gereja Christmas Church Bethlehem, Raheb berefleksi, “Kita sering berfokus pada konteks ini saat menyampaikan pesan kuat untuk perdamaian. Tapi, saya percaya juga bahwa bagian dari masalah yang kita miliki di Timur Tengah adalah bahwa kita memiliki banyak pembicara perdamaian. Israel dan Palestina telah berbicara perdamaian selama 20 tahun sementara itu Israel terus membangun lebih banyak permukiman dan menduduki lebih banyak tanah.”

“Saya pikir Yesus tahu persis bagaimana memilih kata-katanya ketika ia mengatakan ‘berbahagialah orang yang membawa damai’ bukan ‘pembicara perdamaian’,” Raheb menambahkan.

Bagaimana Menemukan Harapan?

“Perjuangan kita adalah jalan panjang,” kata Raheb, “meskipun ada banyak tanda-tanda harapan.”

“Untuk membantu menangani situasi, di Betlehem kami telah berfokus pada menciptakan ruang tempat orang-orang muda Palestina bisa memperoleh keterampilan sehingga talenta mereka dapat ditemukan dan dipelihara. Dan, itu tempat kita bisa melatih mereka berpikir kritis. Kata Raheb, “Jadi apa yang telah kita lakukan di gereja kami adalah untuk mendorong pemuda Palestina untuk menjadi aktif dalam masyarakat, khususnya di masyarakat sipil.”

“Kami mendorong mereka hidup untuk Palestina; tidak mati untuk Palestina,” ia menegaskan dan kemudian menambahkan,” ini sangat penting dalam konteks Palestina, karena sering kali apa yang kita lihat adalah pemuda yang tidak masalah untuk percaya bahwa akan ada kehidupan setelah kematian. Namun, mereka memiliki kesulitan besar percaya bahwa bisa ada kehidupan sebelum kematian.”

“Ada satu langkah yang tidak pernah dilakukan Israel”, Levy mengamati, “dan itu adalah langkah untuk mengakui bahwa Palestina adalah manusia yang sama”. “Apa yang saya terus coba lakukan adalah untuk kembali memanusiakan Palestina, vis-à-vis seluruh lanskap media Israel dan opini publik di Israel, yang membuat setiap usaha untuk merendahkan mereka”. Dia kemudian menyimpulkan, “di sini adalah masalah inti. Selama Israel tidak akan menganggap Palestina sebagai manusia yang sama tidak akan ada perubahan.”

Peran Komunitas Iman

Raheb berbagi perspektif tentang situasi komunitas agama di wilayah tersebut. “Saya percaya bahwa jika orang memahami iman dengan cara yang benar, maka komunitas agama akan memiliki peran untuk bermain dalam membangun jembatan antara rakyat di negeri kita. Tapi kita juga harus melihat bahwa partai-partai keagamaan bisa menjadi hambatan besar—jika Anda berpikir tentang ISIS, atau kelompok Yahudi yang menodai gereja di Israel, atau jika Anda berpikir Kristen Zionis yang terus mendukung negara Israel, tanpa peduli Palestina.”

Levy mencerminkan, “Saya dapat melihat bahwa komunitas agama di Israel memainkan peran destruktif yang sangat besar. Dalam setiap jenis usaha untuk memperjuangkan keadilan, perdamaian, pemahaman, dengan beberapa pengecualian komunitas agama di Israel tidak hanya tidak produktif, tapi juga menjadi hambatan utama jalan menuju keadilan dan perdamaian.

“Ini bukan tentang agama sebagai sebuah ide, tapi cara agama dilaksanakan baik oleh sebagian besar orang Yahudi dan sebagian besar warga Palestina.”

Raheb menambahkan, “Dalam kasus kami, konflik Israel-Palestina harus dipahami sebagai konflik politik. Tetapi karena politikus gagal menyelesaikannya begitu lama, beberapa orang telah menggunakan agama, berpikir agama yang mungkin mengatasinya.”

“Dan cara yang sama sebelumnya politikus menggunakan agama untuk tetap berkuasa, kelompok agama sekarang menggunakan agama untuk mendapatkan kekuasaan,” Raheb menyimpulkan.

Membedakan Jalan

Gideon Levy menyarankan bahwa langkah pertama dalam menyelesaikan konflik haruslah langkah politik. “Ini harus mulai dari sana”, katanya, dan terus, “Saya kira Anda akan melihatnya sebagai hal yang sangat romantis untuk berpikir tentang bagaimana masyarakat mencari jalur alternatif dan kemudian memaksakan itu ke para politikus. Tapi, saya tidak percaya itu akan terjadi seperti ini dalam situasi kita. Hal ini dalam banyak hal seperti di Afrika Selatan. Ada pertama solusi politik, dan kemudian dibuat komite rekonsiliasi dan gencatan senjata, tetapi ini bisa datang hanya setelah perubahan pertama. Anda tidak bisa melakukannya dengan cara yang berlawanan.”

“Ini tidak akan datang dari dalam Israel,” kata Levy. “Hanya intervensi internasional yang akan memicu perubahan pertama. Dan kemudian kita bisa membangun kembali hubungan kita dengan Palestina dalam hal agama, politik, sosial, dan ekonomi.”

Sedangkan, Mitri Raheb tetap berharap bahwa komunitas agama masih bisa membuat perubahan bagi masyarakat di Tanah Suci. “Kadang-kadang komunitas agama yang lambat, tetapi mereka pasti memiliki potensi, terutama jika mereka berbicara dalam satu bahasa, dalam satu suara,” kata Raheb.

Dia melanjutkan, “Ada banyak hal yang dapat dilakukan komunitas agama untuk masyarakat di wilayah tersebut. Mereka dapat berinvestasi dalam pendidikan, berinvestasi dalam budaya, berinvestasi dalam program perempuan, dan berperan aktif dalam masyarakat sipil dan menekan pemerintah mereka untuk mengakhiri pendudukan.”

“Dan mungkin yang paling penting, mereka dapat meninjau kembali konsep teologis yang dahulu diciptakan, tapi sekarang merugikan kami di Palestina hari ini.”

“Ketika orang-orang di Eropa berbicara tentang Tanah Perjanjian, pada dasarnya mengatakan bahwa Allah memberi tanah ini kepada Israel, dan Israel mereka berarti negara Israel saat ini. Atau ketika teolog terus membingungkan Israel Alkitab dengan Israel modern, seakan tidak ada 3.000 tahun di antaranya.”

“Sebagai seorang teolog Kristen, saya harus mengatakan bahwa melanggar hak asasi manusia atas nama hak ilahi atau bersikap menjadi seperti Allah terhadap manusia. Kitab Suci dan piagam HAM ada untuk alasan yang sama: untuk membela yang lemah lembut, melindungi hak-hak yang lemah, dan untuk memberi batas kepada mereka yang berkuasa. Tidak ada agama yang berhak untuk memberikan Israel hak lebih daripada Palestina, Muslim hak lebih dari orang Kristen, atau upah laki-laki lebih tinggi dari perempuan.”

“Saya yakin ini adalah peran penting yang dapat dimiliki gereja-gereja di seluruh dunia, dalam meninjau kembali dasar teologi kita, dan dengan membangun suara umum, dengan komitmen untuk kesetaraan, keadilan dan perdamaian,” Raheb menyimpulkan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home