Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 08:04 WIB | Jumat, 23 Desember 2022

Tolak Putusan Taliban, Kelompok Kecil Perempuan Afghanistan Gelar Unjuk Rasa

Mahasiswi Afghanistan dihentikan oleh petugas keamanan Taliban yang berdiri di samping sebuah universitas di Kabul pada hari Rabu, 21 Desember 2022. (Foto: AFP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Sekelompok kecil perempuan Afghanistan melakukan protes di Kabul pada hari Kamis (22/12) menentang perintah Taliban yang melarang mereka belajar di universitas, kata seorang aktivis, menambahkan bahwa beberapa dari mereka ditangkap.

Dalam langkah terbaru untuk membatasi hak asasi manusia di Afghanistan, menteri pendidikan tinggi Taliban pada hari Selasa (20/12) memerintahkan semua universitas negeri dan swasta untuk melarang perempuan masuk.

“Mereka mengeluarkan perempuan dari universitas. Oh, orang-orang yang dihormati, dukung, dukung. Hak untuk semua orang atau tidak seorang pun!” teriak para pengunjuk rasa saat mereka berunjuk rasa di lingkungan Kabul, menurut rekaman yang diperoleh AFP menunjukkan.

Seorang pengunjuk rasa di rapat umum mengatakan kepada "beberapa gadis" telah ditangkap oleh petugas polisi perempuan. Dua dibebaskan, tetapi beberapa tetap ditahan, tambahnya, berbicara tanpa menyebut nama.

Sekitar dua lusin perempuan berjilbab, beberapa mengenakan masker, terlihat mengangkat tangan dan meneriakkan slogan-slogan saat mereka berbaris di jalan-jalan.

Protes yang dipimpin perempuan semakin jarang terjadi di Afghanistan sejak Taliban mengambil alih negara itu Agustus lalu, setelah penahanan aktivis inti pada awal tahun. Peserta berisiko ditangkap, mengalami kekerasan, dan stigma sosial karena ikut serta.

Para perempuan itu awalnya berencana untuk berkumpul di depan Universitas Kabul, lembaga pendidikan terbesar dan paling bergengsi di negara itu, tetapi berpindah lokasi setelah pihak berwenang mengerahkan sejumlah besar personel keamanan di sana.

Pengumuman larut malam hari Selasa memicu kemarahan internasional, dengan Amerika Serikat, PBB dan beberapa negara Muslim mengecamnya. Larangan itu menyebabkan ketidakpercayaan, terjadi kurang dari tiga bulan setelah ribuan orang diizinkan mengikuti ujian masuk universitas.

"Gadis-gadis Afghanistan adalah orang mati ... mereka menangis darah," kata Wahida Wahid Durani, seorang mahasiswa jurnalisme di Universitas Herat, yang tidak hadir dalam protes tersebut.

“Mereka menggunakan semua kekuatan mereka untuk melawan kita. Saya khawatir mereka akan segera mengumumkan bahwa perempuan tidak diperbolehkan bernapas.”

Sejak merebut kekuasaan, Taliban memberlakukan banyak pembatasan terhadap perempuan. Sebagian besar gadis remaja dilarang di sekolah menengah, perempuan diusir dari banyak pekerjaan pemerintah, dicegah bepergian tanpa saudara laki-laki dan diperintahkan untuk menutup diri di luar rumah, idealnya dengan burqa. Mereka juga tidak diperbolehkan memasuki taman atau kebun.

Taliban telah kembali melakukan pencambukan publik terhadap pria dan perempuan dalam beberapa pekan terakhir, memperluas implementasi interpretasi ekstrem mereka atas hukum Islam.

Mahkamah Agung mengatakan bahwa 44 orang, termasuk enam perempuan, dicambuk di Provinsi Badakshan dan Uruzgan pada hari Kamis (22/12) setelah dinyatakan bersalah atas berbagai pelanggaran. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home