Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:12 WIB | Sabtu, 19 September 2015

Tontowi/Liliyana Melenggang Semi Final Korea Terbuka

Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir (kanan) di Kejuaraan Bulu Tangkis Korea Open Super Series (Korea Terbuka) 2015. (Foto: badmintonindonesia.org)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM – Pasangan pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Achmad/ Liliyana Natsir melaju ke semi final Kejuaraan Bulu Tangkis Korea Open Super Series  (Korea Terbuka) 2015, setelah di perempat final mereka sukses  mengalahkan Lu Kai/Huang Yaqiong, Tiongkok dengan kedudukan 16-21, 21-11 dan 21-17, hari Jumat (18/9) malam WIB di SK Handball Arena, Seoul, Korea Selatan.

Pasangan ganda campuran terbaik Indonesia harus tertinggal dulu di set pertama, sebelum akhirnya bersemangat merebut dua set terakhir dengan kemenangan.

Setelah pertandingan, Liliyana menyebut kekalahan di set pertama terjadi karena kurang koordinasi. “Owi (Tontowi, red) banyak error (kesalahan, red). Jadi itu berpengaruh ke permainan kami. Di set kedua kami lebih menang angin. Kami  lebih tenang menguasai shuttlecock, tidak terburu-buru. Kami tidak mau seperti di set pertama,” kata Liliyana.

Masuk ke set ketiga, Tontowi/Liliyana berhasil unggul dengan 10-5 dan 11-8. Keduanya terus berhasil memimpin perolehan angka. Namun setelah poin 18-13, Tontowi/Liliyana justru sempat terkejar perolehan poinnya menjadi 18-17.

“Di set ketiga saya sempat kepikiran, kenapa  kalau sudah unggul tetap bisa terkejar, tapi terus saya langsung berpikir kalau saya harus tenang. Di situ kami coba fokus lagi, tarik napas dan lebih fokus satu-satu. Dan puji Tuhan terbukti, kami bisa menang di situ,”  atlet asal Manado tersebut menambahkan.

Selanjutnya di semifinal,  Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan pasangan suami-istri Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

Meski unggul 6-2 dalam rekor pertemuannya, Tontowi/Liliyana mengaku tetap mewaspadai lawan. Pertemuan terakhir mereka terjadi bulan Mei lalu di Australian Open 2015. Kala itu Tontowi/Liliyana menang mudah dengan 21-9 dan 21-12.

“Kalau sudah masuk semi final  Kami harus lebih siap lagi dan lebih baik. Kami harus mempelajari lagi permainan mereka (Chris Adcock/Gabrielle Adcock, red), karena kami juga sudah lama terakhir ketemunya,” kata Liliyana.

Sementara itu  semi final ganda campuran lainnya akan mempertemukan pasangan Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan tuan rumah, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na. (badmintonindonesia.org)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home