Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 09:53 WIB | Kamis, 28 Mei 2015

Tony Abbott Inginkan Konsensus Pernikahan Sesama Jenis

PM Tony Abbott dan Joe Hockey menghendaki adanya konsensus lintas partai dalam isu pernikahan sesama jenis. (Foto: radioaustralia.net.au)

AUSTRALIA, SATUHARAPAN.COM - Perdana Menteri Tony Abbott meminta semua anggota parlemen Australia  untuk mendukung legalisasi pernikahan sejenis dengan cara konsensus lintas partai.

Seperti dilansir radioaustralia.net.au, Kamis (28/5), PM Abbott menyatakan, "keputusan besar semacam ini seharusnya didukung oleh seluruh parlemen bukan hanya oleh partai tertentu".

Demikian dikatakan PM Abbot dalam tanggapannya terhadap rencana Partai Buruh yang beroposisi untuk mengajukan Rancangan Undang-Undang Pernikahan Sejenis ke parlemen Australia.

Pemimpin Partai Buruh Bill Shorten sebelumnya mengumumkan ia secara pribadi akan mengajukan RUU tersebut pekan depan dan akan membebaskan anggota partainya untuk melakukan voting menurut pendapat pribadi, tidak harus menuruti garis kebijakan partai.

Sembari menatap Shorten dalam dengar pendapat di parlemen, Rabu (27/5), PM Abbott mengatakan, "Saya minta pemimpin oposisi dan seluruh anggota parlemen untuk mempertimbangkan hal ini (perlunya konsensus, red)."

Usulan PM Abbott ini didukung oleh Menteri Perbendaharaan Negara (Treasurer) Joe Hockey. "Pendekatan terbaik untuk isu ini adalah jangan sampai menjadi kemenangan individu tertentu," katanya.

Sementara itu, wakil pemimpin oposisi Tanya Plibersek pada Kamis (28/5) menyatakan pihaknya menerima dengan tangan terbuka keinginan Partai Liberal untuk bersama-sama mensponsori RUU ini.

Selanjutnya, PM Abbott mengatakan keputusan apakah anggota Partai Liberal yang dipimpinnya akan dibebaskan dalam voting atau harus mengikuti garis kebijakan partai, hingga kini belum diputuskan. (radioaustralia.net.au)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home