Loading...
RELIGI
Penulis: Martha Lusiana 09:32 WIB | Rabu, 27 Mei 2015

Vatikan: Pernikahan Sesama Jenis Irlandia Kekalahan bagi Kemanusiaan

Sekretaris Negara Vatikan, Kardinal Pietro Parolin, menyebut hasil refrendum Irlandia mengenai kesetaraan pernikahan sesama jenis sebagai "kekalahan bagi kemanusiaan", di Roma, Selasa (26/7) waktu setempat. (Foto: irishtimes.com)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Negara Vatikan, Kardinal Pietro Parolin, menyebut keputusan Irlandia mendukung kesetaraan pernikahan sesama jenis melalui referendum pekan lalu sebagai "kekalahan bagi kemanusiaan".

"Saya sangat sedih dengan hasilnya," ujar Kardinal Parolin, saat konferensi di Roma Selasa (26/5) malam waktu setempat, sebagaimana dilansir The Guardian.

"Gereja harus memperhitungkan kenyataan ini, tetapi dalam arti bahwa ia harus memperkuat komitmennya untuk evangelisasi,” katanya. Ia melanjutkan, kekalahan ini tidak hanya soal kekalahan bagi prinsip-prinsip Kristen, namun juga kekalahan bagi kemanusiaan.

Irlandia merupakan negara pertama yang melegalkan pernikahan sesama jenis setelah referendum menunjukkan 62 persen suara pemilih mendukung perubahan konstitusi untuk menyetujui kaum gay dan lesbian menikah.

Hal tersebut juga dianggap sebagai simbol gamblang semakin lebarnya jurang antara orang-orang muda dan gereja yang mengatakan bahwa tindakan homoseksual adalah dosa dan menentang keras pernikahan sesama jenis.

Sementara itu, Irish Times melaporkan bahwa pihak Vatikan masih berdialog dengan Prancis terkait diangkatnya Laurent Stefanini sebagai Duta Besar Prancis untuk Vatikan yang gay.

Kabarnya pengangkatan Stefanini ini masih belum diratifikasi oleh Vatikan. Kardinal Parolin hanya mengatakan, "dialog masih berlangsung antara Prancis dan Tahta Suci.”

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home