Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 22:41 WIB | Sabtu, 07 September 2013

Tony Abbott Menangi Pemilu Australia

Tony Abbott. (Foto: abcnews.com)

AUSTRALIA, SATUHARAPAN.COM - Tony Abbott sudah mengklaim kemenangannya dalam pemilu Australia hari ini, dia menyatakan "Australia berada di bawah manajemen baru" dan menjanjikan untuk memimpin pemerintahan yang tidak akan "meninggalkan siapa pun". Tony Abbott akan menjadi perdana menteri Australia ke-28. Sementara Kevin Rudd hari ini Sabtu (7/9) secara resmi sudah mengakui kekalahan dan mengumumkan akan segera mundur sebagai pemimpin partai Buruh.

Kemenangan calon dari partai koalisi oposisi Tony Abbot sebelumnya sudah diperkirakan analis. Menurut hasil survei, kemungkinan besar Tony Abbott dari Partai Liberal dapat memenangi pemilu. Jajak pendapat terakhir mengindikasikan koalisi Liberal-Nasional akan meraih 53 persen suara sedangkan partai Buruh 47 persen.

Hingga pukul 22.15 WIB perhitungan suara menunjukkan Kevin Rudd dari partai Buruh sudah memenangkan 51 kursi sementara dari partai koalisi oposisi Tony Abbot unggul dengan 81 kursi. Diperlukan 76 kursi untuk memenangi pemilu dari total 150 kursi.

Dalam perhitungan sementara, jumlah suara yang dihitung sudah mencapai 76,2 persen dari total suara pemilih. Partai Buruh mengumpulkan 33,9 persen, partai Liberal 45,3 persen, partai Hijau mengumpulkan 8,4 persen, dan partai lainnya 12,4 persen. 

Anthony John "Tony" Abbott, lahir di London Inggris, 4 November 1957. Dia adalah Pemimpin Partai Liberal dan menjadi anggota parlemen sejak tahun 1994. Dia akan menjadi Perdana Menteri ketiga Australia dalam empat bulan terakhir. (abcnews.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home