Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 05:30 WIB | Senin, 13 Desember 2021

Tornado Terjang Amerika Serikat, Seratus Lebih Tewas

Tornado Terjang Amerika Serikat, Seratus Lebih Tewas
Foto udara menunjukkan sebuah pabrik yang runtuh terlihat dengan pekerja yang mencari korban selamat, pada hari Sabtu, 11 Desember 2021, di Mayfield, Kentucky, setelah tornado datang melalui daerah itu pada malam sebelumnya. (Foto: AP)
Tornado Terjang Amerika Serikat, Seratus Lebih Tewas
Luke Schockley memindahkan puing-puing akibat tornado di dalam rumah mertuanya di Bowling Green, Kentucky, pada hari Sabtu, 11 Desember 2021. (Foto: AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Tim penyelamat menyisir puing-puing setelah ornado melanda wilayah tengah Amerika Serikat, menyebabkan puluhan orang tewas.

Angin puting beliung meninggalkan jejak yang bisa menyaingi rekor terpanjang saat badai menghancurkan pabrik lilin, menghancurkan panti jompo dan meratakan pusat distribusi Amazon.

“Saya berdoa semoga ada penyelamatan lagi. Saya berdoa agar ada satu atau dua lagi,” kata Gubernur Kentucky, Andy Beshear, saat para kru menyisir puing-puing pabrik lilin di Mayfield, tempat 110 orang bekerja pada hari Jumat (10/12) malam ketika badai menerjang. Empat puluh dari mereka berhasil diselamatkan.

“Kami harus, kadang-kadang, merangkak di antara korban untuk mendapatkan korban yang masih hidup,” kata Jeremy Creason, kepala pemadam kebakaran kota dan direktur EMS.

Di Kentucky saja, 22 dipastikan tewas pada hari Sabtu (11/12) malam, termasuk 11 di dalam dan sekitar Bowling Green. Namun Beshear mengatakan lebih dari 70 mungkin telah tewas ketika angin puting beliung mendarat sepanjang lebih dari 200 mil (320 kilometer) di negara bagiannya dan bahwa jumlah kematian pada akhirnya bisa melebihi 100 di 10 distrik atau lebih.

Korban tewas 36 orang di lima negara bagian termasuk enam orang di Illinois, di mana fasilitas Amazon diserang; empat di Tennessee; dua di Arkansas, di mana sebuah panti jompo hancur, dan dua di Missouri.

Jika laporan awal dikonfirmasi, angin puting beliung "kemungkinan akan turun mungkin sebagai salah satu tornado dengan jejak terpanjang dalam sejarah Amerika Serikat," kata Victor Genzini, seorang peneliti cuaca ekstrem di Northern Illinois University.

Tornado Terpanjang

Tornado terpanjang dalam catatan, pada Maret 1925, dilacak sekitar 220 mil (355 kilometer) melalui Missouri, Illinois dan Indiana. Namun Genzini mengatakan angin puting beliung ini mungkin telah mendarat hampir 250 mil (400 kilometer). Badai itu semakin luar biasa karena datang pada bulan Desember, ketika cuaca yang biasanya lebih dingin membatasi tornado, katanya.

Puing-puing dari bangunan yang hancur dan pohon-pohon yang rusak menutupi tanah di Mayfield, sebuah kota berpenduduk sekitar 10.000 orang di Kentucky barat. Terpal logam yang bengkok, kabel listrik yang jatuh, dan kendaraan yang rusak berjajar di jalan-jalan.

Yang hilang di pabrik lilin termasuk Janine Denise Johnson Williams, seorang ibu berusia 50 tahun dari empat anak yang anggota keluarganya terus berjaga di lokasi pada hari Sabtu.

"Saatnya Natal dan dia bekerja di tempat yang membuat lilin untuk hadiah," kata saudara laki-lakinya, Darryl Williams. Dia mengatakan Johnson Williams menelepon suaminya semalaman untuk melaporkan cuaca semakin buruk, terakhir kali ada yang mendengar kabar darinya.

Polisi Negara Bagian Kentucky Sarah Burgess mengatakan kru penyelamat menggunakan alat berat untuk memindahkan puing-puing di pabrik lilin. Upaya penyelamatan menjadi rumit karena stasiun pemadam kebakaran utama dan pusat layanan darurat Mayfield juga dilanda tornado, kata Creason.

Setelah dinding di sebuah panti jompo di Mayfield runtuh, Vernon Evans mengatakan dia bergegas membantu petugas pemadam kebakaran menarik orang keluar, hanya untuk menemukan satu penduduk terbaring tewas dalam beberapa inci air.

"Yang bisa saya lakukan hanyalah duduk di sana dan mengangkat kepala mereka," katanya. “Saya tidak pernah mengalami hal seperti ini.”

Biden: Apapun Yang Dibutuhkan

Presiden Joe Biden menyetujui tanggap bencana darurat untuk Kentucky pada hari Sabtu dan berjanji untuk mendukung negara bagian yang terkena dampak.

"Saya berjanji kepada Anda, apa pun yang dibutuhkan, apa pun yang dibutuhkan, pemerintah federal akan menemukan cara untuk menyediakannya," kata Biden.

Enam orang tewas dalam ambruknya gudang Amazon di Edwardsville, Illinois, dengan pekerja lain yang terluka diterbangkan ke rumah sakit, kata Kepala Pemadam Kebakaran, James Whiteford.

Ahli meteorologi belum menentukan apakah badai itu menghasilkan satu tornado atau beberapa tornado, katanya. Di Arkansas, tornado menghantam sebuah panti jompo di Monette, menewaskan satu orang dan menjebak 20 orang di dalamnya saat bangunan itu runtuh, kata Hakim Craighead County, Marvin Day.

Orang lain tewas ketika badai menghantam toko Dollar General di dekat Leachville, kata Gubernur Asa Hutchinson. "Mungkin hal yang paling luar biasa adalah tidak ada korban jiwa yang lebih besar," kata Hutchinson setelah berkeliling di reruntuhan panti jompo. “Ini adalah bencana. Ini kehancuran total.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home