Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:02 WIB | Senin, 12 Januari 2015

Transaksi Online Mudah dan Aman dengan Pajon Checkout

Produk aplikasi yang dapat diakses di http://checkout.co.id ini, dikembangkan dengan harapan dapat menjadi Jejaring Toko Online Indonesia, oleh dosen Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik UI. (Foto: ui.ac.id)

DEPOK, SATUHARAPAN.COM - Perkembangan tren e-commerce di Indonesia meningkat seiring munculnya toko-toko dalam jaringan (daring, online). Kenyataan tersebut dianggap sebagai peluang oleh dua dosen Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik (FT) UI.

Chairul Hudaya dan Ardiansyah, dosen Departemen Teknik Elektro tersebut, dengan menggandeng dua alumni FT, yaitu Adityo Abdi Nugroho dan Tribuana, membentuk Pajon (Pengembang Produk dan Layanan Elektronik untuk Internet) Teknologi Indonesia. Startup yang dibuat untuk mengembangkan produk dan layanan elektronik berbasis Internet itu, telah mengeluarkan produk perdana yang diberi nama Pajon Checkout. Produk aplikasi yang dapat diakses di http://checkout.co.id itu, dikembangkan dengan harapan dapat menjadi Jejaring Toko Online Indonesia.

Hadirnya Pajon Checkout, memberi kesempatan bagi para merchant/seller, untuk mengintegrasikan website toko daring pribadi yang mereka punyai ke sistem Pajon Checkout. Seller akan mendapatkan keuntungan lebih dengan tetap dapat menggunakan website atau blog toko daring, yang sebelumnya digunakan untuk identitasnya dalam berjualan online. Seller tidak perlu lagi dipusingkan dengan manajemen transaksi hingga sistem pembayarannya.

Kepuasan pelanggan dapat meningkat, karena proses pengiriman barang dapat dimonitor antara seller, pembeli, dan Pajon Checkout dalam satu dashboard. Para pembeli toko daring hanya perlu memiliki satu akun Pajon Checkout. Mereka dapat bertransaksi di semua toko daring yang ada dan memonitor barang dan jasa yang telah dibelinya dengan nyaman dan mudah.

Pajon Checkout merupakan wujud dari percontohan kuliah kewirausahaan di FT UI, juga sebagai sarana pengabdian masyarakat khususnya bagi usaha kecil dan menengah untuk mempromosikan produknya ke pasar nasional maupun internasional secara daring.

Pajon Checkout diharapkan dapat membantu tumbuhnya penjual online, khususnya dari lapisan kecil dan menengah. Dengan adanya aplikasi baru ini, para pembeli juga diharapkan dapat merasakan kenyamanan dalam bertransaksi daring dengan mudah, cepat, dan aman, dengan single account. (ui.ac.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home