Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 10:38 WIB | Jumat, 06 Januari 2017

Trump Ancam Toyota Jika Membangun Pabrik di Meksiko

Antonio Vazquez, dikenal sebagai "sang Penyihir Hebat" Meksiko, memantrai presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump, yang direpresentasikan dalam sebuah foto, dalam sebuah ritual di Mexico City, 5 Januari 2017. Sang penyihir tersebut membuat prediksi 2017 dan berniat menghentikan niatan Donald Trump terhadap Meksiko. (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump, hari Kamis (5/1), mengancam akan memberlakukan pajak impor besar terhadap Toyota jika perusahaan tersebut membangun pabrik di Meksiko untuk memproduksi mobil yang diekspor ke AS. 

“Toyota Motor bilang akan membangun pabrik baru di Baja, Meksiko, untuk memproduksi mobil Corolla untuk diekspor ke AS. TIDAK BOLEH! Bangun pabrik di AS atau bayar pajak perbatasan yang besar,” ujar Trump dalam cuitan di Twitter. 

Toyota pada November tahun lalu melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan pabrik mereka di Guanajuato, Meksiko tengah, yang membutuhkan investasi sebesar satu miliar dolar Amerika (setara Rp 13,3 triliun). 

Ford pada pekan ini juga membatalkan pembangunan pabrik senilai 1,6 miliar dolar Amerika (setara Rp 21,3 triliun) di Meksiko setelah diancam Trump.

Reuters melaporkan saham Toyota Motor Corp di pasar Jepang turun lebih dari 3 persen dalam pembukaan perdagangan hari Jumat (6/1), usai ancaman Trump tersebut. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home