Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 07:47 WIB | Jumat, 06 Januari 2017

Trump Berbicara dengan Sekjen PBB Baru

Kursi lipat disiapkan jelang upacara pelantikan presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump di Gedung Capitol, Washington, DC, 5 Januari 2017. (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump berbicara melalui telepon dengan sekretaris jenderal PBB baru Antonio Guterres pada Rabu (4/1).

Wakil juru bicara PBB Farhan Haq mengatakan pembicaraan telepon tersebut diprakarsai Guterres pada hari keduanya menjabat sebagai sekretaris jenderal sebagai cara untuk memperkenalkan diri.

“Mereka melakukan diskusi yang sangat positif mengenai hubungan PBB-AS,” kata Haq.

“Sekretaris jenderal menantikan untuk bekerja sama dengan presiden tersebut setelah pelantikannya.”

Juru bicara Trump Sean Spicer membenarkan percakapan telepon itu, tapi tidak memberikan informasi mengenai apa yang dibahas keduanya, hanya mengatakan bahwa pemerintah Trump akan mendorong reformasi di PBB setelah dia dilantik pada 20 Januari.

Pemerintah Trump akan berusaha “untuk memastikan Amerika Serikat, yang (menyumbang) sebagian besar dari anggaran PBB, menuntut berbagai reformasi dan perubahan sehingga uang pajak kami digunakan... secara efisien dan efektif.”

Guterres, mantan perdana menteri Portugal, mengambil alih jabatan sekretaris jenderal PBB dari Ban Ki-moon pada 1 Januari.

Di hari pertamanya menjabat pada Selasa, dia memperingatkan bahwa badan dunia itu menghadapi “saat-saat yang sangat menantang” dan meminta dukungan untuk perombakan demi memungkinkannya untuk merespons dengan lebih baik. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home