Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 00:57 WIB | Minggu, 19 Maret 2017

Trump Janjikan Dukungan bagi NATO

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan penghormatan setelah meletakan karangan bunga di makam mantan presiden Andrew Jackson setelah dia menggelar kunjungan ke Jackson's Hermitage di Nashville, Tennessee, 15 Maret 2017. Trump singgah ke Nashville untuk bertemu dengan para pendukungnya dan memberikan penghormatan kepada sang pendahulunya Andrew Jackson. (Foto: Nicholas Kamm/AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan mendukung aliansi NATO, hari Jumat (17/3), sambil menekankan bahwa beberapa negara anggota tidak cukup memberikan kontribusi .

Penyataan Trump diungkapkan saat kunjungan Kanselir Jerman Angela Merkel, yang berada di sisinya saat jumpa pers di Gedung Putih.

Pemimpin dari partai Republik itu juga mengatakan bahwa dia berharap hubungan dengan Berlin dapat mengarah pada “kebijakan perdagangan yang adil dan timbal balik,” dan menjanjikan dukungannya untuk lembaga internasional “bersejarah” yang kuat - yang kemungkinan menunjukkan dukungannya untuk Uni Eropa dan Organisasi Perdagangan Dunia (WHO).

“Saya menegaskan kembali kepada Kanselir Merkel dukungan besar saya untuk NATO serta perlunya sekutu NATO kami untuk membayar porsi biaya pertahanan mereka secara adil,” ujar Trump dalam konferensi gabungan.

“Banyak negara berutang banyak uang dari beberapa tahun sebelumnya, dan rasanya sangat tidak adil bagi AS. Negara-negara ini harus melunasi utang mereka.”

Dia menolak gambaran kebijakannya sebagai kebijakan yang “mementingkan negaranya sendiri,” mencatatkan: “Saya adalah pedagang yang bebas tetapi juga adil.”(Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home