Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 09:16 WIB | Selasa, 21 April 2020

Tujuh Pasien Positif COVID-19 di Jayapura Dinyatakan Sembuh

Tujuh pasien positif COVID-19 sembuh (memegang spanduk berukuran kecil), yang sebelumnya dirawat di RSUD Jayapura, dipulangkan pada Senin (20/4/2020) siang. (Foto: Antara/Musa Abubar)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM – Tujuh pasien positif Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura, Papua, dinyatakan sembuh dan boleh pulang.

“Tujuh pasien terpapar COVID-19 yang masuk dan dirawat di RSUD Jayapura pada dua minggu lalu, semuanya sembuh. Tujuh pasien positif corona ini dinyatakan sehat dan sembuh total dan boleh pulang,” kata Direktur RSUD Jayapura drg Aloysius Giyai di Jayapura, Selasa (21/4).

Manajemen RSUD Jayapura sudah memulangkan tujuh pasien itu pada Senin (20/4) siang.

Drg Giyai menambahkan, ada delapan orang yang sembuh. Satu orang pasien, tiga hari lalu berdasarkan hasil pemeriksaan dinyatakan sudah negatif, namun setelah dikonfirmasi kembali lagi ternyata masih positif, sehingga belum bisa dipulangkan.

“Jadi, kami coba ambil slot lagi untuk dikonfirmasi guna memastikan lagi apakah satu pasien ini masih positif atau negatif. Pasien itu kondisinya sehat, tidak parah,” ujarnya.

“Pasien positif yang dirawat di RSUD Jayapura ini delapan positif corona dan dua orang masuk kategori PDP,” ujarnya.

Tujuh pasien sembuh itu, kata dia, pada awal masuk kondisinya parah, tetapi setelah ditangani beberapa hari kemudian membaik dan sembuh.

RSUD Jayapura telah merawat 11 pasien positif COVID-19. Tiga orang dipulangkan minggu lalu, terdiri atas dua pasien masuk status pasien dalam pemantauan (PDP) dan satu positif corona.

“Saya memberikan apresiasi kepada tim medis dan perawat yang merawat mereka. Sungguh nyata mereka kerja 24 jam di ruang isolasi, membangun komunikasi yang baik, menjalankan instruksi pimpinan dengan sungguh-sungguh,” katanya.

Drg Aloysius Giyai mengajak para medis melayani dengan hati, “Mari bangun komunikasi yang baik dengan pasien yang dinyatakan positif virus corona, hindari kata-kata yang menakutkan bagi pasien, apalagi stigma menakutkan. Beri hal-hal yang positif kepada pasien, dan hal ini terbukti,” ia menambahkan. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home