Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 21:00 WIB | Rabu, 20 April 2022

Tujuh Tips Pakai Pay Later

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pay Later menjadi salah satu metode pembayaran ketika membeli sesuatu melalui suatu platform.

Ada beberapa tips yang harus dilakukan apabila ingin menggunakan Pay Later. Ini perlu diperhatikan dengan baik agar platform yang nantinya digunakan bisa lebih bermanfaat dan meminimalkan masalah di kemudian hari termasuk denda.

Jadi, sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi dengan layanan fitur Pay Later jenis apapun, ada baiknya untuk menyimak ulasan yang akan dibahas selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

1. Pahami Kebijakan Pay Later Terlebih Dahulu

Hal terpenting sebelum menggunakan layanan Pay Later jenis apapun, termasuk Traveloka Pay Later adalah kebijakan yang diterapkan. Biasanya setiap layanan akan memiliki kebijakan berbeda-beda terkait dengan jenis layanan yang ditawarkan mulai dari bunga hingga denda.

Sebelum menggunakannya, pahami terlebih dahulu seperti apa kebijakan yang diterapkan agar bisa digunakan lebih maksimal. Apabila ada kebijakan yang menurut Anda tidak sesuai atau lebih banyak merugikan lebih baik dihindari.

Sebaliknya jika ada kebijakan yang sangat meringankan, bisa dipertimbangkan untuk digunakan. Apalagi layanan Pay Later biasanya cukup beragam sehingga bisa membantu banyak sekali aktivitas dalam kehidupan.

2. Ketahui Layanan yang Ditawarkan

Meski konsep dari Pay Later sama yaitu membeli barang atau jasa sekarang dan membayarnya nanti. Beberapa layanan yang ditawarkan ada yang lengkap dan ada yang spesifik untuk beberapa produk tertentu saja.

Beberapa Pay Later hanya bisa digunakan untuk membeli barang-barang yang ada di platform tersebut. Selain itu, ada juga yang bisa digunakan untuk membeli berbagai jenis tiket mulai dari pesawat hingga kereta api.

Sebelum menggunakan Pay Later ketahui terlebih dahulu apa saja jenis layanan yang ditawarkan. Semakin banyak layanan yang ditawarkan maka kualitas dari Pay Later itu akan semakin baik. Anda pun juga bisa memanfaatkan semuanya secara maksimal.

3. Dapatkan Limit yang Besar

Hal terpenting ketika ingin menggunakan layanan Pay Later adalah ketika melakukan proses pendaftaran. Usahakan untuk melakukan pendaftaran dengan baik dan menyertakan dokumen yang memang dibutuhkan.

Dengan memberikan dokumen dalam jumlah yang cukup banyak serta lengkap, peluang untuk mendapatkan limit yang besar akan tinggi. Bahkan bisa sampai puluhan juta rupiah untuk tenor 12 bulan.

Jadi, pastikan terlebih dahulu untuk mendapatkan limit yang besar sebelum menggunakannya. Atau jika ada limit minimal bisa langsung digunakan terlebih dahulu untuk melakukan transaksi pertama.

4. Lakukan Transaksi secara Rutin

Beberapa layanan Pay Later biasanya tidak akan memberikan limit yang besar pada awal-awal pendaftaran. Umumnya mereka akan memberikan limit sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000.

Untuk meningkatkan limit tersebut biasanya seseorang dianjurkan untuk sering menggunakan Pay Later. Jika Anda sering menggunakannya, maka limit akan naik dengan sendirinya seiring dengan pelunasan yang dilakukan.

5. Hindari Telat Bayar

Meski jumlah tagihan yang nantinya harus dibayar tidak terlalu banyak usahakan untuk tidak telat membayar. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghindari adanya denda keterlambatan.

Beberapa aplikasi Pay Later biasanya memiliki waktu tenggang selama beberapa hari sebelum dinyatakan telat. Apabila sudah telat, maka tagihan terus berjalan dan kemungkinan besar akan sering mendapatkan telepon dari penagih.

Pastikan beberapa hari sebelum jatuh tempo segera dilunasi. Dengan begitu skor kredit yang dimiliki akan semakin baik dan kemungkinan limit meningkat lebih tinggi.

6. Sesuaikan dengan Kemampuan

Sebenarnya mendapatkan limit besar menjadi hal yang cukup menarik. Namun Jangan tergoda dengan limit yang besar apabila tidak memiliki kemampuan untuk membayar tagihannya.

Jadi, sebelum menggunakan Pay Later baik yang dibayar pada akhir bulan atau yang dicicil. Ada baiknya untuk menyesuaikan terlebih dahulu dengan kemampuan yang dimiliki saat ini. Apabila memiliki kemampuan untuk membayar tagihan maka bisa digunakan.

Apabila tidak memiliki kemampuan untuk membayar tagihan di akhir bulan atau setelah gajian, lebih baik digunakan semampunya saja. Dengan begitu Anda tidak akan telat ketika membayar tagihan dan tidak akan terkena denda.

7. Pilih yang Menyediakan Cicilan

Terakhir dan tidak kalah penting adalah coba cari layanan Pay Later yang menawarkan cicilan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena tidak semua orang bisa membayar biaya dalam jumlah penuh di akhir bulan atau setelah gajian.

Rata-rata beberapa layanan Pay Later menawarkan cicilan mulai dari tiga bulan dan maksimal 12 bulan. Artinya Anda masih memiliki waktu yang cukup panjang untuk membayar cicilan hingga selesai meski harus menambah bunga setiap bulannya.

Artinya jika ingin membeli suatu barang atau membeli tiket pesawat dengan harga mahal. Pembayaran masih bisa dicicil hingga beberapa bulan sehingga mau pergi kemanapun untuk pelesir tidak akan ada masalah sama sekali.

Aplikasi yang menyediakan layanan fitur Pay Later jenisnya ada banyak di luar sana. Sebagian besar bisa digunakan untuk melakukan transaksi untuk pembayaran tagihan dan juga membeli pulsa. Namun ada juga yang bisa digunakan untuk memesan tiket hingga reservasi hotel.

Dari berbagai platform Pay Later yang banyak digunakan oleh masyarakat, Traveloka Pay Later sebagai salah satu yang terbaik. Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa memesan berbagai jenis tiket perjalanan hingga transaksi dengan lebih mudah.

Apalagi dengan menggunakan provider yang dikeluarkan oleh Traveloka ini, Anda masih bisa mencicil biaya yang harus dikeluarkan. Jadi, masih bisa memilih apakah akan dibayar setelah gajian atau dicicil hingga maksimal 12 bulan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home