Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 08:20 WIB | Kamis, 08 September 2016

Turki dan AS Siap Bekerja Sama Pukul Mundur ISIS dari Raqa

Ilustrasi. Pejuang Jaish al-Islam, kelompok pemberontak di provinsi Damaskus yang memerangi ISIS dan rezim Suriah berkumpul pada 31 Agustus 2016 jelang pertempuran melawan pasukan rezim di desa Maydaani, sebelah timur ibu kota Damaskus. (Foto: Amer Almohibany/AFP)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM - Washington dan Ankara siap bekerja sama untuk mendorong mundur ekstremis ISIS dari ibu kota kelompok itu di Suriah, Raqa, ungkap Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam komentar yang dipublikasikan pada Rabu (7/9).

Erdogan mengatakan dirinya dan Presiden Barack Obama, di sela-sela pertemuan G20 di Beijing, sepakat melakukan “hal yang diperlukan” untuk mendorong mundur ISIS dari Raqa.

“Raqa adalah pusat paling penting bagi Daesh,” ujar Erdogan kepada jurnalis Turki di atas pesawatnya usai kembali dari Tiongkok, menggunakan nama singkatan ISIS dalam bahasa Arab.

“Obama ingin melakukan sesuatu bersama-sama, khususnya pada isu Raqa,” katanya. “Bagi saya, itu tidak masalah.”

“Saya mengatakan bahwa tentara kami harus bersama-sama dan berdiskusi, kemudian memutuskan apa yang perlu dilakukan,” ujar Erdogan seperti dikutip harian Hurriyet.

Tanpa memberi rincian lebih lanjut, dia mengatakan: “Semua rencana upaya akan jelas setelah didiskusikan.”

Raqa, yang berada di Sungai Efrat, pertama kali direbut ekstremis pada 2013. Kelompok ISIS menyatakan kota itu sebagai ibu kota mereka pada 2014. Pengusiran ekstremis ISIS dari kota itu akan menjadi titik balik dalam konflik tersebut. (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home