Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 15:56 WIB | Minggu, 07 Juni 2015

Turki Gelar Pemilu Parlemen

Ahmet Davutoglu, Perdana Menteri Turki dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) melakukan kampanye di Kahramanmaras, Turki, 5 Juni 2015. (Foto: trtworld.com)
ANKARA, SATUHARAPAN.COM - Sebanyak 53.741.838 warga Turki menuju kotak suara pada Minggu (7/6) yang dijadwalkan pada pukul 08.00-17.00 waktu setempat untuk memberikan suara mereka dalam pemilihan umum parlemen.
 
Pemilu akan mengubah 550 kursi keanggotaan parlemen juga menentukan pemerintahan baru selama empat tahun ke depan.
 
Seperti dilaporkan media Turki, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang sekarang berkuasa bertekad kuat memenangkan pemilu dan melanjutkan negara ke sistem presidensial yang kuat seperti yang diperkenalkan Presiden Recep Tayyip Erdogan.
 
Namun, jika Partai Demokrat (HDP) yang mendukung Rakyat Kurdi mampu melampaui 10 persen ambang batas pemilu, jumlah anggota AKP di parlemen akan berkurang jauh, sehingga hampir mustahil AKP mampu mencapai 330 kursi mayoritas yang diperlukan guna melakukan perubahan konstitusi.
 
Rakyat Turki dalam pemilu ini dihadapkan pada pilihan empat partai besar yaitu partai konservatif demokrat Adalet ve Kalkınma Partisi (AKP), partai berhaluan kiri-sekuler Cumhuriyet Halk Partisi (CHP), partai nasionalis Milliyetçi Hareket Partisi (MHP), dan partai yang memperjuangkan Rakyat Kurdi Halkların Demokratik Partisi (HDP).
 
Analis memperkirakan AKP pimpinan Presiden Erdogan akan menguasai parlemen kembali dengan 65 persen suara atau 359 kursi,   CHP dengan 24 persen atau menguasai 137 kursi parlemen, MHP 9 persen atau 54 kursi, dan HDP diperkirakan mendapat 6 persen suara dan tanpa kursi di parlemen karena belum mencapai ambang batas 10 persen. (hurriyet.com)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home