Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:56 WIB | Selasa, 30 Mei 2023

Turki: Lima Tantangan Erdogan Dalam Lima Tahun Mendatang Pemerintahannya

Presiden Turki dariAliansi Rakyat, Recep Tayyip Erdogan, berpidato di istana kepresidenan, di Ankara, Turki, Minggu, 28 Mei 2023. (Foto: AP/Ali Unal)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM-Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memenangkan kembali pemilihan presiden putaran kedua hari Minggu (28/5), menyusul putaran pertama yang sengit dua pekan sebelumnya. Setelah mengamankan jabatan untuk lima tahun lagi, Erdogan sekarang menghadapi sejumlah tantangan domestik di negara yang terpecah belah, mulai dari ekonomi yang terpukul hingga tekanan untuk repatriasi pengungsi Suriah hingga kebutuhan untuk membangun kembali setelah gempa bumi dahsyat.

Berikut adalah tantangan yang akan dihadapi Erdogan dalam lima tahun kepresidenannya.

Ekonomi: Mungkinkah Kebijakan Melawan Arus Ortodoks Erdogan Akan Bertahan?

Inflasi di Turki mencapai 85% yang mengejutkan pada bulan Oktober sebelum turun menjadi 44% bulan lalu, meskipun para ahli independen berpikir angka terbaru masih menutupi seberapa parah krisis biaya hidup di negara di mana orang mengalami kesulitan membayar sewa dan membeli barang pokok yang harganya yang meroket.

Kritikus menyalahkan krisis pada kebijakan Erdogan mempertahankan suku bunga rendah untuk mendorong pertumbuhan. Ekonom umumnya merekomendasikan menaikkan suku bunga untuk memerangi inflasi.

Meskipun ekonomi goyah, Erdogan memenangkan pemilihan, sebagian dengan melunakkan efek inflasi dengan belanja publik yang menurut para ahli tidak berkelanjutan, termasuk kenaikan upah minimum dan pensiun.

“Ekonomi Turki telah berpesta sejak lama dan jauh melampaui kemampuannya. Dan saya pikir pada periode setelah pemilu, inilah saat kita akan membayar pesta yang kita konsumsi,” kata Selva Demiralp, profesor ekonomi di Universitas Koc Istanbul.

Ke depan, pemerintah perlu memutuskan apakah akan mempertahankan suku bunga rendah, seperti yang dijanjikan Erdogan, melakukan kenaikan bertahap, atau menggabungkan kenaikan kecil dengan langkah-langkah lain.

Semua akan membawa "perlambatan yang tak terhindarkan" dalam ekonomi Turki dan tingkat pengangguran yang lebih tinggi, menurut Demiralp, tetapi pertanyaannya adalah apakah itu perlambatan yang terkendali atau berhenti secara tiba-tiba.

Lira Turki anjlok terhadap dolar pada hari Senin (29/5), meskipun saham menguat.

Gempa Bumi: Erdogan Janji Bangun Kembali, Berapa Biayanya?

Kemenangan Erdogan yang luar biasa di provinsi-provinsi yang paling terpukul oleh gempa bumi pada 6 Februari yang menewaskan sekitar 50.000 orang terjadi, meskipun ada kritik bahwa tanggapan pemerintah lambat dan tidak efektif.

Pemilih di sembilan dari 11 provinsi yang terkena dampak gempa mendukung presiden, termasuk di Hatay yang paling terpukul. Dalam pidato kemenangannya, Erdogan mengatakan upaya pembangunan kembali akan menjadi prioritas utama pemerintahannya.

Bank Dunia memperkirakan bahwa gempa tersebut menyebabkan “kerusakan langsung” sebesar US$ 34,2 miliar, jumlah yang setara dengan 4% dari produk domestik bruto Turki tahun 2021. Biaya pemulihan dan rekonstruksi bisa bertambah hingga dua kali lipat, katanya.

Dua dekade kekuasaan Erdogan telah ditandai dengan ledakan besar dalam konstruksi. Terlepas dari kritik bahwa penegakan aturan bangunan yang lemah berkontribusi pada kematian gempa, banyak pendukungnya percaya dia telah menunjukkan bahwa dia dapat membangun kembali. Tetapi ahli geologi dan insinyur telah memperingatkan bahwa kampanye konstruksi yang cepat juga dapat menimbulkan risiko.

Suriah: Erdogan Ditekan untuk Pulangkan Pengungsi

Erdogan sangat menyadari bahwa sentimen telah memburuk pada 3,4 juta warga Suriah yang melarikan diri dari kekerasan di dalam negeri ke Turki, terutama karena negara itu bergulat dengan kemerosotan ekonomi.

Dalam pidato kemenangannya, Erdogan mengatakan sekitar 600.000 pengungsi telah secara sukarela kembali ke Suriah, di mana pemerintahnya menciptakan apa yang disebut "zona aman" di wilayah utara yang dikontrolnya. Satu juta tambahan akan menyusul berkat program pemukiman kembali bersama dengan Qatar, kata Erdogan, tanpa memberikan rincian.

Tapi Emma Sinclair-Webb dari Human Rights Watch mengatakan Suriah masih belum aman bagi banyak pengungsi, sementara wacana polarisasi di Turki juga meningkat, akan menjadi situasi berbahaya bagi mereka.

Hak dan Kebebasan: Sinyal Erdogan Tindakan Keras pada Kebebasan Berekspresi

Kepresidenan Erdogan telah ditandai dengan tindakan keras terhadap kebebasan berekspresi dan meningkatnya permusuhan terhadap kelompok minoritas: Media arus utama pro pemerintah, sensor internet tersebar luas, undang-undang media sosial baru dapat membatasi ekspresi online, dan dia sering menargetkan anggota komunitas LGBTQ dan etnis Kurdi.

Sebagai buntut dari upaya kudeta gagal tahun 2016 yang dituduhkan Turki kepada seorang ulama Muslim yang berbasis di Amerika Serikat, pemerintah menggunakan undang-undang teror yang luas untuk memenjarakan mereka yang memiliki hubungan dengan ulama tersebut, politisi pro Kurdi, dan anggota masyarakat sipil.

Sinclair-Webb, juru kampanye hak asasi manusia, mengatakan pidato kemenangan Erdogan adalah "rasa dari apa yang akan datang" ketika dia menargetkan politisi pro Kurdi, Selahattin Demirtas, yang dipenjara, ketika massa meneriakkan slogan-slogan untuk hukuman mati.

Dia juga menggunakan pidato kemenangan lainnya untuk membangkitkan sentimen anti LGBTQ.

Erdogan pernah menyebut penganiayaan terhadap kaum gay sebagai "tidak manusiawi", tetapi sekarang menyebut anggota komunitas LGBTQ sebagai "penyimpangan". Sejak 2015, pemerintahannya telah melarang parade kebanggaan, karena para pejabat telah meningkatkan penggunaan bahasa diskriminatif sambil mencoba memperkuat basis konservatif mereka.

Pemerintah Erdogan juga telah menarik Turki dari perjanjian penting Eropa yang melindungi perempuan dari kekerasan dalam rumah tangga, tunduk pada kelompok konservatif yang mengklaim perjanjian itu mempromosikan homoseksualitas.

Retorika anti gay meningkat selama kampanye Erdogan. “Menyebutkannya lagi pada kesempatan pertama dalam pidato kemenangan di balkon adalah pengingat yang mengerikan tentang bagaimana dia benar-benar menempatkan orang LGBT dalam risiko besar,” kata Sinclair-Webb, juru kampanye hak asasi manusia.

Asosiasi LGBTQ tertua di Turki, Kaos GL, mengatakan bahwa kemenangan Erdogan tidak akan membungkam mereka. “Meskipun mereka berjanji untuk menutup kami, kami keluar sekali dan kami tidak akan kembali,” kata organisasi itu dan lainnya dalam sebuah pernyataan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home