Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:44 WIB | Selasa, 24 November 2015

Turki Protes Al Assad Serang Warga Turkmen di Suriah

Bentrokan terjadi antara Turkmen dan pasukan yang setia kepada rezim Suriah Bashar Al-Assad di wilayah Bayırbucak, sebelah utara negara itu yang berbatasan dengan distrik Yayladağı, Turki. Foto ini diambil dari akun media sosial Turkmen. (Foto: Anadolu)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM – Turki meminta pertemuan Dewan Keamanan PBB untuk membahas serangan terhadap orang Turki (Turkmen) di Suriah oleh pasukan Presiden Suriah Bashar Al-Assad pada Senin (23/11) yang memperebutkan bukit di dekat wilayah Bayirbucak yang didominasi etnis Turki, di Suriah bagian barat laut.

Pasukan Turkmen bentrok dengan pasukan rezim yang didukung serangan udara Rusia dengan pesawat tempur dan helikopter dan serangan rudal dari laut. Pertempuran itu terdengar sampai distrik Yayladağı di Provinsi Hatay, Turki selatan yang berbatasan dengan Suriah.

Bentrokan sengit itu memperebutkan bukit "Burc Kasap" yang  dinilai strategis untuk menguasai wilayah, seperti dilaporkan kantor berita Turki, Anadolu.

Sementara itu, Bulan Sabit Merah Turki mengatakan akan meningkatkan bantuan kemanusiaan untuk Turkmen Suriah yangmengungsi akibat serangan pasukan Al-Assad yang didukung serangan udara Rusia, seperti dikatakan Ahmet Lutfi Akar kepada Anadolu.

Disebutkan bahwa puluhan ribuan Tukmen Suriah dari Bayirbucak telah mengungsi dalam tiga hari terakhir.

Sekitar 1.700 warga Turkmen Suriah telah tiba di Turki selatan selama tiga hari terakhir, kata Gubernur Provinsi Hatay, Ercan Topaca, pada hari Minggu (22/11).


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home