Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 13:59 WIB | Selasa, 24 November 2015

AS Hancurkan 283 Truk Tangki BBM ISIS

Seseorang berdiri di atas sebuah truk dekat ladang minyak di Provinsi Qamshli, Suriah. ISIS mengendalikan enam dai 10 ladang minyak di Suriah, yang memicu bisnis penyelundupan minyak besar-besaran. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Pesawat tempur Amerika Serikat (AS) menghancurkan 283 truk tangki bahan bakar yang digunakan mengangkut minyak untuk membantu mendanai kelompok ISIS di Suriah timur.

Beberapa pejabat mengatakan hal itu pada hari Senin (23/11).

Serangan udara besar-besaran tersebut merupakan salah satu tonggak penting, saat koalisi pimpinan AS meningkatkan serangannya terhadap kelompok ekstremis itu. Serangan difokuskan pada infrastruktur penyelundupan minyak mereka, yang diperkirakan mampu mendulang pendapatan sekitar 500 juta dolar AS (sekitar Rp6,8 triliun) per tahun bagi ISIS.

Juru bicara Pentagon, Kapten Jeff Davis, mengatakan serangan berlangsung pada hari Sabtu (21/11) di sekitar kawasan Al Hasakah dan Dayr Az Zawr di timur. Operasi terbaru itu digelar kurang dari sepekan setelah serangan serupa yang menghancurkan 161 truk tangki bahan bakar ISIS.

Seperti serangan sebelumnya, pesawat tempur AS pada hari Sabtu (21/11) awalnya melakukan unjuk kekuatan dengan terbang rendah di atas truk tersebut. Lalu mereka menjatuhkan selebaran yang memerintahkan agar sopir segera melarikan diri.

Pentagon mengatakan meskipun truk tersebut digunakan untuk mendukung kelompok ISIS, belum tentu para sopir juga merupakan anggota ISIS.

Pesawat tempur A-10 dan AC-130 milik AS kemudian menghancurkan truk tangki bahan bakar, kata Davis, menambahkan belum ada laporan korban jiwa dari kalangan warga sipil.

“Kami melancarkan serangan dengan sangat sistematis untuk memastikan bahwa kami melakukannya dengan cara yang manusiawi dan tidak menyebabkan jatuhnya korban dari kalangan warga sipil,” ucap David, serta “mengakui fakta bahwa truk tersebut merupakan bagian tak terpisahkan dalam aliran pendapatan yang memberikan keuntungan... bagi ISIS.”(Ant/AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home