Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 21:12 WIB | Rabu, 26 Agustus 2015

Turki Siap Berpartisipasi Penuh dalam Serangan Anti-ISIS

Menteri luar negeri Turki, Mevlut Cavusoglu. (Foto: reuters.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Turki kini siap untuk sepenuhnya terlibat dalam serangan koalisi terhadap kelompok ISIS dan mungkin akan melakukannya dalam beberapa hari, ungkap Pentagon pada Selasa (25/8).

Juru bicara Kementerian Pertahanan Peter Cook juga mengatakan bahwa Washington “tidak memiliki indikasi” bahwa pemerintah Turki memberi tahu kelompok afiliasi Al Qaeda untuk membantu mereka memburu pemberontak Suriah yang dilatih AS.

Kesepakatan dengan Turki akan menggabungkan pesawat Turki dalam “perintah serangan udara - atau ATO (air tasking order) - untuk memastikan operasi Turki tidak berbenturan dengan operasi serangan koalisi beberapa negara yang menargetkan kelompok ISIS.

“AS dan Turki sudah menyelesaikan rincian teknis untuk keikutsertaan penuh Turki dalam memerangi operasi koalisi ISIL. Rincian itu mencakup integrasi penuh ke dalam perintah operasi udara koalisi,” ujar Cook.

“Ini akan membutuhkan waktu beberapa hari untuk menempatkan pengaturan teknis ke tingkat operasional. Kami percaya bahwa Turki berkomitmen untuk sepenuhnya berpartisipasi sesegera mungkin.”

Pekan lalu, Menteri Pertahanan Ashton Carter mengungkapkan ketidaksabaran atas laju diskusi dengan Ankara terkait partisipasi dalam kampanye tersebut. 

“Mereka perlu bergabung dengan ATO dan mereka perlu bekerja lebih keras untuk mengontrol perbatasan mereka. Dan kami sudah menegaskannya,” katanya kepada wartawan.

Menteri luar negeri Turki mengatakan pejabat  Turki dan AS telah sepakat dalam  "pembicaraan teknis" untuk operasi terhadap ISIS.
 
Mevlut Cavusoglu mengatakan kepada wartawan hari Selasa bahwa para pejabat militer Turki dan AS telah membuat kesepakatan tentang rincian teknis dan prosedurnya.
 
Cavusoglu tidak memberikan rincian operasi melawan ISIS, tapi ia sebelumnya mengatakan operasi yang luas dan terkoordinasi terhadap kelompok militan akan segera dimulai. (AFP

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home