Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:20 WIB | Minggu, 24 Juli 2016

Turki Tangkap Tangan Kanan Fethullah Gulen

Aktivis dari Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh membentangkan poster, spanduk dan bendera saat menggelar aksi solidaritas mendukung kepimpinan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan di Banda Aceh, hari Jumat (22/7). Aktivis Kompas Aceh mendukung pemerintahan yang sah di bawah presiden Recep Tayyip Erdogan dan mengecam tindakan kudeta yang melanggar hak demokrasi rakyat di negara tersebut. (Foto: Antara)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM - Turki melaporkan telah menahan seorang pendukung utama Fethullah Gulen, seorang ulama moderat yang tinggal di Amerika Serikat yang dituduh mendalangi kudeta untuk menjatuhkan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Pasukan keamanan menahan Hails Hanci di provinsi Laut Hitam Trabzon, kata seorang pejabat Turki hari Sabtu (23/7). Pejabat itu menggambarkan Hanci sebagai "tangan kanan" Gulen yang bertugas mengirim dana kepadanya.

Fethullah Gulen membantah berada di balik kudeta yang gagal.

Pejabat itu mengatakan Hanci "diperkirakan" memasuki wilayah itu dua hari sebelum kudeta meletus.

Pendukung Erdogan mengibarkan bendera Turki dalam sebuah kampanye di jembatan Bosphorus, Istanbul pada 21 Juli 2016. (Foto: AFP)

Secara terpisah, kantor berita resmi negara Anadolu melaporkan, Turki juga telah menahan menantu mantan kepala angkatan udara Akin Ozturk, dengan tuduhan sebagai salah satu tersangka kunci.

Letnan kolonel Hakan Karakus ditahan di Ankara, kata laporan Anadolu itu.

Sebelumnya di hari yang sama, Turki juga sudah menangkap seorang keponakan Gulen, Muhammet Sait Gulen. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home