Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:11 WIB | Rabu, 30 Desember 2015

Turki Tangkap Tiga Militan ISIS

Militan ISIS Abdel-Majed Abdel Bary (kiri) dan Aine Lesley Davis (kanan) yang dikenal dengan sebutan "Jihadis John". (Foto: miror.co.uk)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Turki telah menangkap tiga tersangka anggota kelompok Daesh (ISIS) di Istanbul, termasuk dua warga Pakistan dan seorang warga Inggris, kata media pemerintah, Selasa (29/12).

Kantor berita pemerintah Turki Anatolia mengatakan para tersangka Pakistan telah ditahan pekan lalu dalam serangan di rumah mereka di distrik Mecidiyekoy pusat Istanbul.

Polisi kemudian memperluas operasi berdasarkan keterangan dari  tersangka dan menahan tersangka lainnya yaitu seorang warga Inggris, yang diidentifikasi sebagai Hasan H., di halte bus di distrik Fatih, tambahnya.

Ketiga militan tersebut kini telah dikirim ke dalam tahanan oleh pengadilan.

Anatolia mengatakan bahwa Hasan H. diyakini terkait dengan Aine Lesley Davis, rekan dekat dari militan Inggris yang terkenal sebagai "Jihadis John" di mana Washington percaya kemungkinan dia tewas dalam serangan pesawat tak berawak baru-baru ini di Suriah.

Davis, seorang Muslim Inggris yang beralih ke militan Islam, adalah salah satu tersangka ISIS yang ditahan pada bulan November di Istanbul di hari yang sama dengan serangan Paris, karena diduga berencana untuk menggelar serangan paralel di kota terbesar Turki.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kasus Davis sejak penahanannya.

Lama dikritik karena tidak melakukan cukup upaya untuk membendung aliran militan ISIS melintasi perbatasan Suriah, Turki telah meningkatkan pertarungan setelah sejumlah serangan mematikan di tanah Turki dan melakukan penangkapan hampir setiap hari dari calon militan. (arabnews.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home