Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 12:04 WIB | Jumat, 17 Oktober 2014

Ucapara di Istana Bukan Sertijab Tapi Penyambutan Jokowi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersalaman dengan Presiden Terpilih Jokowi. (Foto: setkab.go.id)
JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menko Polhukam Djoko Suyanto menyatakan rencana pertemuan Presiden SBY dan Jokowi usai pelantikan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, pada Senin (20/10) siang adalah upacara Penyambutan Presiden Jokowi, bukan serah terima jabatan.
 
“Acara di Istana itu adalah Upara Penyambutan Presiden Jokowi dan Penghormatan Kebesaran TNI dan Polri kepada Presiden Jokowi. Jadi bukan acarah Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Presiden Jokowi,” kata Djoko Suyanto melalui pesan tertulisnya, Jumat (17/10).
 
Menko Polhukam menegaskan, acara di Istana Merdeka itu dimaksudkan untuk menciptakan tradisi baru alih kepemimpinan nasional yang bermartabat dan damai, yang selama ini belum pernah dilaksanakan.
 
Presiden SBY sendiri saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna terakhir di kantor Presiden, Jakarta, Kamis (16/10) pagi mengatakan, ia akan menyambut Presiden Jokowi di Istana, seusai pelantikannya di MPR pada Senin (20/10) pagi, dengan sambutan kebesaran dan parade militer.
 
“Pak Jokowi akan kita sambut dengan menerima penghormatan pertama dari Paspampres, dan kemudian parade kami berdua, lantas masuk ke Istana Merdeka untuk saya kenalkan dengan staf dan jajaran lembaga Kepresidenan yang akan membantu dan melayani beliau,” terang SBY seraya menyebutkan, ia sendiri kemudian akan keluar dari Istana dan kembali ke rumah pribadinya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.
 
Menurut SBY, penyambutan kepada Presiden Jokowi merupakan tradisi baru yang dibangun dalam menyambut pergantian kepemimpinan, suksesi kepemimpinan yang damai.
 
“Itulah kira-kira nanti episode sejarah tanggal 20 Oktober dan mudah-mudahan berlanjut ke depan dari satu ke Presiden ke Presiden juga terjadi transisi yang baik, yang mulia, saling hormat menghormati dan baik untuk pendidikan bangsa,” kata SBY. (setkab.go.id)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home