Loading...
SAINS
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 13:22 WIB | Rabu, 16 Maret 2016

UGM dan Osaka University Ciptakan Aplikasi Tanggap Bencana

UGM dan Osaka University kembangkan aplikasi komunikasi tanggap bencana. (Foto: ugm.ac.id)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Osaka University melaksanakan riset bersama dalam pengembangan aplikasi sistem komunikasi tanggap bencana. Aplikasi ini diharapkan bisa membantu masyarakat dalam melaporkan situasi darurat bencana dan terorisme kepada publik maupun pihak berwenang.

Hal itu mengemuka dalam pertemuan antara Rektor UGM, Dwikorita Karnawati, dengan Stefano Toshiya Tsukamoto dan Takehiro Goto dari Osaka University Jepang, pada hari Selasa (15/3).

Kepada Rektor UGM, Tsukamoto mengatakan aplikasi yang bernama Cared Wide-view Disaster Information Prediction System atau CARED ini telah dikembangkan dua tahun terakhir dengan melibatkan peneliti dan mahasiswa dari kedua universitas serta mempraktikkannya langsung di Bantul. Sementara itu, pengembangan aplikasi dilakukan oleh PT Gama Techno.

“Aplikasi ini dibuat untuk informasi adanya darurat bencana dan darurat teroris. Aplikasi ini dapat merekam suara dari sumber informasi selama 10 detik sehingga dapat disebarkan ke masyarakat sekitar atau keluarganya,” kata Tsukamoto.

Tsukamoto optimistis data yang dihasilkan dari aplikasi ini dapat membantu dalam kebijakan penanggulangan darurat bencana.

Dwikorita menyambut baik kunjungan yang dilakukan para peneliti dari Osaka University tersebut. Menurutnya, aplikasi riset yang merupakan hasil kolaborasi dua universitas tersebut diharapkan terus dikembangkan. “Ini aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Menurut Dwikorita, UGM juga menawarkan kerja sama dengan Osaka University yang tidak hanya dalam bidang riset teknologi informasi, tetapi juga yang sudah berjalan yaitu riset bioteknologi.

“Bagi UGM, Osaka University sudah menjadi partner strategis dalam riset bidang bencana, teknologi, dan bioteknologi,” katanya.

Dekan Fisipol UGM, Erwan Agus Purwanto, yang mendampingi rombongan dari Osaka University mengatakan kerja sama antara Fakultas Fisipol dengan Osaka University sudah berjalan lebih dari tiga tahun. Tidak hanya bidang teknologi informasi, bentuk kerja sama lainnya berupa program pertukaran mahasiswa jenjang pendidikan sarjana dan master. (ugm.ac.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home