Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:59 WIB | Selasa, 06 Juni 2023

UK Maranatha Masuk 10 Besar Perguruan Tinggi Terbaik 2023

THE Impact Rankings 2023. HO

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Universitas Kristen (UK) Maranatha kembali masuk 10 besar peringkat perguruan tinggi terbaik THE Impact Rankings 2023.

Times Higher Education (THE) mengumumkan peringkat universitas terbaik dunia dalam daftar THE Impact Rankings 2023 melalui situs resmi THE pada 1 Juni 2023.

THE Impact Rankings 2023 memuat 32 perguruan tinggi Indonesia, baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Total jumlah perguruan tinggi yang masuk dalam daftar peringkat THE Impact Rankings 2023 mencapai 1.591 universitas dari 112 negara.

Sekretaris Umum Universitas, Robby Yussac Tallar, S.T., M.T., Dipl.IWRM., Ph.D. menyambut bangga masuknya UK Maranatha dalam 10 besar PTS terbaik Indonesia THE Impact Rankings 2023.

“Sangat bangga UK Maranatha dapat kembali mempertahankan posisi 10 besar PTS Indonesia tahun ini,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip hari Selasa (6/6).

Robby mengatakan bahwa masuknya UK Maranatha dalam peringkat THE Impact Rankings membuktikan upaya UK Maranatha untuk terus berkembang di tataran global.

“THE Impact Rankings membuktikan upaya UK Maranatha terus mengembangkan diri tidak hanya di level lokal dan nasional, tapi juga di level internasional, melalui kegiatan-kegiatan tridarma yang mendukung Sustainable Development Goals atau SDGs,” ungkap Robby.

Peran Tridarma Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

UK Maranatha dalam daftar peringkat THE Impact Rankings 2023 memperoleh skor total sebesar 7,9–53,8, dengan nilai tertinggi meningkat dibandingkan dengan skor tahun lalu, yaitu 9,2–50,2.

Pada tujuan SDG 5 (gender equality), UK Maranatha memperoleh skor 51,6–56.0. Kemudian, skor 43,6–50,9 pada SDG 4 (quality education); 20,9–38,4 pada SDG 11 (sustainable cities and communities); dan 1,5–45,2 pada SDG 17 (partnerships for the goals).

Metodologi yang digunakan THE dalam melakukan pemeringkatan melibatkan pengukuran menggunakan empat area indikator yaitu penelitian (research), penatalayanan (stewardships), penjangkauan (outreach), dan pengajaran (teaching). Keempat area tersebut berkaitan dengan aktivitas tridarma perguruan tinggi.

Indikator research berkaitan dengan tridarma penelitian, menilai kegiatan riset yang dilakukan pada topik-topik berkaitan dengan tujuan SDGs. Indikator stewardships menilai universitas dalam hal pengelolaan sumber daya, baik fisik maupun SDM termasuk pegawai dan civitas academica, dalam upaya mewujudkan SDGs.

Indikator outreach berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat yang dapat memberikan dampak berkelanjutan kepada komunitas lokal, regional, nasional, dan internasional. Sedangkan indikator teaching berkaitan erat dengan tridarma pengajaran.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home