Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:14 WIB | Kamis, 16 Februari 2023

Ukraian Menolak Hadir di Pertemuan OSCE, Jika Ada Delegasi Rusia

Petugas penyelamat membersihkan puing-puing bangunan tempat tinggal yang dihancurkan oleh roket Rusia di Pokrovsk, Ukraina, Rabu, 15 Februari 2023. Menurut otoritas setempat, sedikitnya dua orang tewas dan 12 luka-luka. (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)

 VIENNA, SATUHARAPAN.COM - Ukraina telah memberi tahu Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE/Organization for Security and Cooperation in Europe) bahwa mereka tidak akan menghadiri pertemuan majelis parlemen berikutnya jika anggota parlemen Rusia yang terkena sanksi diizinkan untuk berpartisipasi.

Pertemuan tersebut dijadwalkan berlangsung di Wina pada 23-24 Februari, bertepatan dengan peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina.

Dalam sebuah surat yang diperoleh The Associated Press pada hari Rabu (15/2), kepala delegasi Ukraina untuk Majelis Parlemen OSCE, Mykyta Poturaiev, menulis, "Kami tidak dapat menghadiri pertemuan musim dingin jika ada partisipasi Rusia."

Surat tersebut, yang bertanggal 10 Februari dan ditujukan kepada Presiden Majelis Parlemen, Margareta Cederfelt, mencatat bahwa keputusan Rusia untuk menginvasi Ukraina didukung secara luas oleh politisi Rusia, termasuk anggota delegasi Rusia ke OSCE.

"Kami tidak ragu bahwa delegasi Rusia akan menggunakan OSCE ... untuk membenarkan agresi terhadap negara saya serta untuk menutupi banyak kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan terhadap rakyat Ukraina," tulis Poturaiev.

Dia menyarankan penundaan pertemuan “untuk menjaga integritas majelis,” yang merupakan badan terpisah yang terdiri dari 323 anggota parlemen dari 57 negara anggota OSCE.

OSCE yang berbasis di Wina diciptakan selama Perang Dingin sebagai platform dialog antara Timur dan Barat. Kelompok ini memiliki misi yang luas, termasuk perdamaian, hak asasi manusia, kontrol senjata, dan masalah keamanan lainnya. Invasi ke Ukraina telah memperumit pekerjaannya, dengan banyak negara Barat bergabung dengan Ukraina dalam memprotes partisipasi Rusia.

Pemerintah Austria telah memberikan visa kepada delegasi Rusia ke Majelis Parlemen OSCE meskipun mereka berada di bawah sanksi Uni Eropa dan meskipun ada protes dari 20 negara termasuk Inggris, Prancis dan Kanada.

Austria mengatakan sebagai negara tuan rumah mereka wajib memberikan visa kepada perwakilan dari semua negara anggota OSCE.

Setelah pertemuan dengan anggota majelis dan ketua parlemen Ukraina, Ruslan Stefanchuk, pada hari Selasa, Cederfelt memutuskan untuk melanjutkan pertemuan pekan depan sesuai rencana, mengingat aturan majelis yang mengatakan pertemuan musim dingin kelompok itu perlu dilakukan selama dua bulan pertama di tahun ini.

Nat Parry, juru bicara Majelis Parlemen OSCE, mengatakan "terlambat" untuk menunda pertemuan itu.

Lithuania sejauh ini satu-satunya negara lain yang telah mengumumkan secara terbuka akan memboikot pertemuan tersebut. Negara-negara lain masih mempertimbangkan pilihan mereka. Latvia akan memutuskan pada hari Kamis, Katrina Kaktina, kata duta besar negara untuk OSCE. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home