Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:13 WIB | Kamis, 20 Oktober 2022

Ukraina Tembak Jatuh 223 Drone Buatan Iran

Sebuah pesawat tak berawak diluncurkan selama latihan militer di lokasi yang dirahasiakan di Iran, dalam gambar selebaran ini diperoleh pada 25 Agustus 2022. (Foto: dok.Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ukraina mengatakan pada hari Rabu (19/10) bahwa militernya telah menembak jatuh lebih dari 220 drone buatan Iran dalam waktu lebih dari satu bulan, menyusul serangan pekan ini yang menggunakan “drone kamikaze.”

“Sejak pertama kali jatuhnya drone kamikaze Shahed-136 buatan Iran di wilayah Ukraina pada 13 September, Angkatan Udara dan komponen lain dari Pasukan Pertahanan Ukraina telah menghancurkan 223 UAV jenis ini,” kata militer dalam sebuah pernyataan.

Rusia meluncurkan lusinan pesawat tak berawak “kamikaze” di Ukraina pada hari Senin, menghantam infrastruktur energi dan menewaskan lima orang di ibu kota Kyiv. Orang Ukraina menjuluki mereka "moped" karena suara deru keras yang dihasilkan mesin mereka saat terbang di atas kepala.

Ukraina mengatakan mereka adalah drone serang Shahed-136 buatan Iran, amunisi berkeliaran yang meluncur menuju target mereka sebelum jatuh dengan kecepatan tinggi dan meledak saat terjadi benturan. Kiev sedang dalam proses untuk memutuskan hubungan dengan Iran karena penggunaannya pada hari Selasa.

Teheran membantah memasok drone ke Moskow dan Kremlin belum berkomentar. Washington mengatakan penolakan Iran adalah sebuah kebohongan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home