Loading...
HAM
Penulis: Reporter Satuharapan 17:17 WIB | Senin, 09 November 2015

UNDP Selenggarakan Forum untuk Solusi Kemanusiaan di Suriah

Anak Suriah di kamp pengungsi di Turki. (Foto: Ariel Rubin/UNDP)

AMMAN-SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Yordania dan United Nations Development Programme (UNDP) menyelenggarakan Forum Pembangunan Ketahanan (Resilience Development Forum) di Laut Mati, pada Minggu (8/11),

Forum tersebut diselenggarakan untuk menyatukan pemangku kepentingan kemanusiaan dan pembangunan di dalam mempertimbangkan secara kolektif arah masa depan krisis yang berkepanjangan di Suriah.

Pada pertemuan tersebut, peserta berfokus pada berbagai tanggapan ketahanan pembangunan yang diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengarah pada kehancuran Suriah dan mendorong warga Suriah mengungsi, serta mempersiapkan masyarakat Yordania untuk ikut menghadapi masalah itu.

Helen Clark, pejabat PBB, Pejabat UNDP sekaligus Ketua United Nations Development Group (UNDG), dijadwalkan bertukar pandangan dengan wakil Pemerintah Yordania tentang peran UNDP dalam mendukung pelaksanaan Rencana Tanggap Yordania atas krisis yang dihadapi Suriah. Dukungannya mencakup pendekatan pembangunan berbasis ketahanan.

Dia juga membahas prospek dukungan PBB menjadikan Yordania sebagai tempat penampungan pengungsi dan untuk memungkinkan mereka di dalam mengatasi meningkatnya tekanan mata pencaharian.

Pejabat UNDP itu juga dijadwalkan mengunjungi proyek UNDP yang mendukung daerah yang paling terpengaruh pada saat krisis Suriah ini, yaitu di Irbid dan Mafraq, serta bertemu perwakilan penerima manfaat proyek dari pemerintah daerah dan mitra pembangunan UNDP lainnya.

Di dalam pertemuan tersebut akan dibahas tiga komponen utama, yaitu:

Pembangunan ketahanan di bidang inovasi usaha diselenggarakan pada 8-9 November. Acara ini  menyediakan platform untuk berbagi pengetahuan dan jaringan pada pendekatan inovatif serta pembangunan ketahanan yang digunakan oleh pemangku kepentingan yang terlibat dalam respons krisis Suriah.

Diskusi-diskusi kelompok (8/11). Diselenggarakan oleh mitra-mitra PBB, perdebatan berfokus pada topik prioritas yang terkait dengan pembangunan ketahanan dalam konteks krisis Suriah, termasuk prakarsa UNICEF agar tidak ada generasi yang hilang, ketahanan layanan kota, serta lapangan kerja dan mata pencaharian yang berkelanjutan.

Panel Tingkat Tinggi (9/11). Panel akan membahas dan membangun konsensus tentang kebijakan tertentu dan tindakan strategis untuk mengatasi kemacetan utama dan tantangan yang belum terselesaikan dalam pendekatan saat ini untuk respons Suriah. (petra.gov.jo)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home