Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 11:57 WIB | Selasa, 11 Oktober 2022

UNI Eropa Bahas Bantuan untuk Ukraina Sebesar US$ 17,5 Miliar

Seorang pekerja medis berlari melewati sebuah mobil yang terbakar setelah serangan Rusia di Kiev, Ukraina, Senin, 10 Oktober 2022. Rudal Rusia yang menghujani kota-kota di seluruh Ukraina pada hari Senin, membawa ketakutan dan kehancuran ke daerah-daerah yang selama berbulan-bulan relatif tenang , adalah eskalasi dalam perang Moskow melawan tetangganya. Tetapi analis militer mengatakan masih jauh dari jelas apakah serangan itu menandai titik balik dalam perang yang telah menewaskan ribuan orang Ukraina dan membuat jutaan orang mengungsi dari rumah mereka. (Foto: AP/Roman Hrytsyna)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Uni Eropa sedang dalam diskusi untuk memperpanjang bantuan bagi Ukraina sekitar €18 miliar (seara US$ 17,5 miliar) dalam pendanaan tahun depan untuk membantu menutupi kebutuhan pembiayaan mendesak. Namun miliaran euro dalam bantuan blok yang disetujui lebih dari empat bulan lalu tetap belum dibayar.

Komisi Eropa, badan eksekutif UE, sedang mengerjakan proposal pendanaan baru, menurut orang-orang yang mengetahui rencana tersebut. Paket tersebut akan bertujuan untuk menyediakan setidaknya setengah dari €3 miliar (US$2,9 miliar) hingga €3,5 miliar (US$3,4 miliar) yang dibutuhkan Ukraina per bulan, kata salah satu orang.

Sekutu Barat termasuk Amerika Serikat telah membahas cara-cara untuk menjaga ekonomi Ukraina tetap bertahan saat perang melampaui tujuh bulan, dan para pejabat di Kiev telah melipatgandakan permintaan untuk bantuan lebih lanjut. Beberapa mitra secara pribadi mengkritik UE karena tidak sepenuhnya memenuhi komitmen sebelumnya yang hampir €9 miliar (US$8,7 miliar).

Komisi masih mengerjakan rincian rencana baru dan beberapa elemen, termasuk ukuran paket, belum diselesaikan, kata orang-orang, yang berbicara dengan syarat anonim karena diskusi bersifat pribadi. Komisi juga sedang mempertimbangkan bagaimana menyusun dukungan, termasuk bagian dari dana yang akan menjadi pinjaman versus hibah yang tidak dapat dikembalikan.

Pembicaraan di Berlin

Proposal itu bisa datang paling cepat 18 Oktober, tetapi kerangka waktu itu bisa tergelincir karena diskusi sedang berlangsung dengan AS dan sekutu lainnya pada pertemuan Dana Moneter Internasional di Washington pekan ini, kata orang-orang. Uni Eropa dan kepresidenan Kelompok Tujuh (G7) negara paling maju akan menjadi tuan rumah konferensi pada 25 Oktober di Berlin, di mana mereka akan membahas dukungan untuk Ukraina.

Bantuan keuangan yang diberikan kepada Ukraina sejauh ini telah dilakukan secara ad hoc melalui pinjaman lunak yang sebagian besar dijamin oleh negara-negara anggota. Paket dukungan apa pun akan membutuhkan dukungan dari negara-negara anggota.

“Mengingat kebutuhan bantuan jangka pendek yang berkelanjutan, solusi yang lebih terstruktur dapat dipertimbangkan untuk memungkinkan tingkat prediktabilitas yang lebih tinggi,” kata kepala anggaran UE, Johannes Hahn, dalam sebuah konferensi di Brussels pada hari Senin.

“Saya bekerja keras bersama dengan negara-negara anggota kami untuk menemukan solusi yang memungkinkan kami memberikan dukungan keuangan yang diperlukan secara terstruktur, dapat diprediksi, dan otomatis setidaknya untuk tahun depan.”

Ukraina membutuhkan sekitar US$38 miliar bantuan keuangan asing tahun depan, dan AS bersedia mendukung Ukraina dengan US$1,5 miliar per bulan selama perang, kata orang-orang yang akrab. Namun setiap komitmen AS di masa depan bergantung pada persetujuan kongres.

Para diplomat yang mempersiapkan pertemuan para pemimpin Uni Eropa di Praha pekan lalu diberitahu bahwa tingkat pendanaan yang diharapkan dari negara-negara Eropa akan berada pada skala yang sama dengan US$1,5 miliar bulanan yang bersedia disediakan AS, kata salah satu sumber.

Sekolah dan Rumah Sakit

Lebih banyak dana dari UE dipandang penting untuk menutupi hal-hal penting seperti pengeluaran publik dasar, sekolah, rumah sakit, dan membangun kembali infrastruktur penting.

Frustrasi atas penundaan untuk memberikan bantuan keuangan yang dijanjikan ke Ukraina telah tumbuh tidak hanya di AS tetapi juga di Uni Eropa. Blok tersebut masih berjuang untuk melepaskan bagian dari paket € 9 miliar (US$ 8,7 miliar) yang dijanjikan musim semi lalu karena beberapa negara anggota dan komisi tidak setuju atas masalah termasuk apakah bantuan harus dalam bentuk hibah atau pinjaman, dan bagaimana menyusun jaminan. .

Uni Eropa telah memberikan sekitar €19 miliar (US$18,4 miliar) ke Ukraina sejak Rusia menginvasi negara itu, tidak termasuk dukungan militer, sebagian besar melalui pinjaman lunak, menurut Presiden Komisi Ursula von der Leyen. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home