Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 19:20 WIB | Senin, 10 Oktober 2022

Mantan Kepala The Fed Raih Nobel bidang Ekonomi

Dia meraih penghargaan bersama dua pakar keuangan dan perbankan AS lainnya.
Mantan Kepala The Fed Raih Nobel bidang Ekonomi
Ketua Federal Reserve Ben Bernanke berbicara selama konferensi pers di Federal Reserve di Washington, Rabu, 18 Desember 2013. Hadiah Nobel tahun 2022 dalam ilmu ekonomi telah diberikan kepada tiga ekonom yang berbasis di AS "untuk penelitian tentang bank dan krisis keuangan." Penghargaan untuk Ben S. Bernanke, Douglas W. Diamond dan Philip H. Dybvig diumumkan Senin, 10 Oktober 2022 oleh panel Nobel di Royal Swedish Academy of Sciences di Stockholm. (Foto: dok. AP/Susan Walsh)
Mantan Kepala The Fed Raih Nobel bidang Ekonomi
Dari kiri, Tore Ellingsen, Hans Ellegren dan John Hassler anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia mengumumkan Penghargaan Sveriges Riksbank dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel 2022, selama konferensi pers di Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia di Stockholm, Swedia, Senin, 10 Oktober 2022. Dari kiri di layar Ben S. Bernanke, Douglas W. Diamond dan Philip H. Dybvig telah dianugerahi Hadiah Nobel tahun 2022 dalam ilmu ekonomi. (Foto: Anders Wiklund/Kantor Berita TT via AP)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM-Mantan Ketua Federal Reserve Amerika Serikat, Ben Bernanke, yang menempatkan keahlian akademisnya pada Depresi Hebat untuk bekerja menghidupkan kembali ekonomi Amerika setelah krisis keuangan tahun 2007-2008, memenangkan Hadiah Nobel dalam ilmu ekonomi bersama dengan dua lainnya yang berbasis di AS ekonom untuk penelitian mereka ke dalam dampak dari kegagalan bank.

Bernanke diakui pada hari Senin bersama dengan Douglas W. Diamond dan Philip H. Dybvig. Panel Nobel di Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia di Stockholm mengatakan penelitian ketiganya telah menunjukkan "mengapa menghindari runtuhnya bank sangat penting."

Dengan temuan mereka di awal 1980-an, para pemenang meletakkan dasar untuk mengatur pasar keuangan, kata panel tersebut.

“Krisis dan depresi keuangan adalah hal terburuk yang dapat terjadi pada ekonomi,” kata John Hassler dari Komite untuk Penghargaan Ilmu Ekonomi. “Hal-hal ini bisa terjadi lagi. Dan kita perlu memiliki pemahaman tentang mekanisme di balik itu dan apa yang harus dilakukan. Dan para pemenang tahun ini menyediakan itu.”

Bernanke, 68 tahun, sekarang bekerja di Brookings Institution di Washington, meneliti Depresi Hebat tahun 1930-an, menunjukkan bahaya bank run, ketika orang-orang panik menarik tabungan mereka, dan bagaimana bank runtuh menyebabkan kehancuran ekonomi yang meluas. Sebelum Bernanke, para ekonom melihat kegagalan bank sebagai konsekuensi, bukan penyebab, kemerosotan ekonomi.

Diamond, 68 tahun, berbasis di University of Chicago, dan Dybvig, 67 tahun, yang berada di Washington University di St. Louis, menunjukkan bagaimana pemerintah menjamin deposito dan dapat mencegah spiral krisis keuangan. Pada tahun 1983, mereka bersama-sama menulis “Bank Runs, Deposit Insurance, and Liquidity”, yang sebagian membahas kerusakan dari bank run.

Diamond mengatakan Nobel datang sebagai kejutan. Pada hari Senin (10/10) pagi, dia berkata, "Saya tidur sangat nyenyak dan kemudian tiba-tiba, ponsel saya mati" dengan kabar baik dari komite Nobel.

Ketika membahas gejolak ekonomi global yang diciptakan oleh pandemi COVID-19 dan perang Rusia di Ukraina, Diamond mengatakan sistem keuangan “jauh, jauh lebih rentan” terhadap krisis karena kenangan akan runtuhnya tahun 2000-an dan peningkatan regulasi.

“Masalahnya adalah bahwa kerentanan ketakutan berjalan dan dislokasi dan krisis ini dapat muncul di mana saja di sektor keuangan. Tidak harus bank umum,” katanya.

Penelitian ketiganya menjadi sangat penting di dunia nyata ketika investor membuat sistem keuangan panik selama musim gugur 2008.

Bernanke, saat itu kepala The Fed, bekerja sama dengan Departemen Keuangan AS untuk menopang bank-bank besar dan mengurangi kekurangan kredit, sumber kehidupan ekonomi.

Dia memangkas suku bunga jangka pendek menjadi nol, mengarahkan pembelian Treasury dan investasi hipotek Fed dan menyiapkan program pinjaman yang belum pernah terjadi sebelumnya. Secara kolektif, langkah-langkah itu menenangkan investor dan membentengi bank-bank besar.

Mereka juga mendorong suku bunga jangka panjang ke posisi terendah dalam sejarah dan menyebabkan kritik sengit terhadap Bernanke, terutama dari beberapa kandidat presiden Partai Republik 2012, bahwa Fed melukai nilai dolar dan menjalankan risiko memicu inflasi.

Tindakan The Fed di bawah Bernanke memperluas otoritas bank sentral ke wilayah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Mereka tidak mampu mencegah resesi terpanjang dan paling menyakitkan sejak 1930-an. Namun di belakang, langkah The Fed dikreditkan dengan menyelamatkan sistem perbankan dan menghindari depresi lain.

Dan Fed Bernanke menetapkan preseden bagi bank sentral untuk merespons dengan kecepatan dan kekuatan terhadap guncangan ekonomi.

Ketika COVID-19 menghantam ekonomi AS pada awal 2020, The Fed, di bawah Ketua Jerome Powell, dengan cepat memangkas suku bunga jangka pendek kembali ke nol dan memompa uang ke dalam sistem keuangan. Intervensi agresif, bersama dengan pengeluaran pemerintah yang besar, dengan cepat mengakhiri penurunan dan memicu pemulihan ekonomi yang kuat.

Tetapi kembalinya cepat juga datang dengan biaya: Inflasi mulai meningkat pesat tahun lalu dan sekarang mendekati level tertinggi dalam 40 tahun, memaksa The Fed untuk membalikkan arah dan menaikkan suku bunga untuk mendinginkan ekonomi. Bank sentral di seluruh dunia juga mengambil langkah itu karena inflasi mengikis daya beli konsumen.

Dalam makalah terobosan tahun 1983, Bernanke mengeksplorasi peran kegagalan bank dalam memperdalam dan memperpanjang Depresi Besar tahun 1930-an.

Sebelum itu, para ekonom menyalahkan The Fed karena tidak mencetak cukup uang untuk mendukung perekonomian saat merosot. Bernanke setuju tetapi menemukan bahwa kekurangan uang tidak dapat menjelaskan mengapa depresi itu begitu menghancurkan dan berlangsung begitu lama.

Masalahnya, menurutnya, adalah runtuhnya sistem perbankan. Penabung yang panik menarik uang dari bank-bank yang reyot, yang kemudian tidak dapat memberikan pinjaman yang membuat ekonomi terus tumbuh.

“Hasilnya,” komite Nobel menulis, "adalah resesi global terburuk dalam sejarah modern."

Penghargaan ekonomi ini mengakhiri satu pekan pengumuman Hadiah Nobel di bidang kedokteran, fisika, kimia dan sastra serta Nobel Perdamaian.

Mereka membawa hadiah uang tunai sebesar 10 juta kronor Swedia (setara US$ 900.000) dan akan dibagikan pada 10 Desember. Tidak seperti hadiah lainnya, penghargaan ekonomi tidak ditetapkan dalam wasiat Alfred Nobel tahun 1895 tetapi oleh bank sentral Swedia untuk mengenangnya. Pemenang pertama dipilih pada tahun 1969. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home