Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:19 WIB | Kamis, 07 Maret 2024

Uni Eropa Meningkatkan Pertahanan Setelah Dua Tahun Invasi Rusia ke Ukraina

Dalam foto yang disediakan oleh Layanan Darurat Ukraina, pekerja darurat membersihkan puing-puing di lokasi gedung multi-toko yang hancur setelah serangan Rusia di lingkungan perumahan di Odesa, Ukraina, Sabtu, 2 Maret 2024. (Foto: Kantor Layanan Darurat Ukraina via AP)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Dihadapkan pada ancaman Rusia yang ekspansionis, Uni Eropa pada hari Selasa (5/3) akan mengusulkan pembiayaan bersama untuk pembelian senjata bersama seperti halnya amunisi.

“Ancaman perang mungkin tidak akan terjadi, tapi bukan tidak mungkin,” kata ketua komisi, Ursula von der Leyen, pekan lalu, sambil menambahkan: “Sudah waktunya bagi Eropa untuk mengambil tindakan.”

Ada “kebutuhan mendesak untuk membangun kembali, menambah dan memodernisasi angkatan bersenjata negara-negara anggota” setelah beberapa dekade anggaran dipangkas menyusul runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1990-an, katanya.

Perang di Ukraina telah memaksa Brussels untuk berinovasi, dan strategi pertahanan Uni Eropa yang dipresentasikan pada hari Selasa oleh komisaris Thierry Breton meminjam dari beberapa mekanisme yang sudah ada.

Hal ini termasuk Undang-undang Dukungan Produksi Amunisi (ASAP) yang dikeluarkan Uni Eropa, yang menurut Breton akan meningkatkan jumlah peluru yang diproduksi setiap tahun di UE menjadi dua juta pada tahun 2025 dibandingkan seperempat dari jumlah tersebut ketika Rusia menginvasi Ukraina pada bulan Februari 2022.

“Kami melakukannya dengan amunisi artileri, kami sekarang harus mampu melakukannya dengan semua peralatan yang diperlukan untuk keamanan kami,” kata Breton.

Komisi tersebut akan mengusulkan untuk mendukung pembelian senjata yang dilakukan di Uni Eropa.

Hal ini akan mengubah skenario sejak invasi Ukraina, di mana hampir 70 persen senjata yang dibeli oleh negara-negara Eropa dan dikirim ke Kiev berasal dari Amerika Serikat, kata seorang pejabat Uni Eropa yang tidak mau disebutkan namanya.

Tujuan keseluruhannya adalah untuk mengejar ketertinggalan dan melihat industri pertahanan Eropa menjadi sama kompetitifnya dengan Amerika. Brussel akan menyarankan mekanisme penjualan senjata di Eropa yang mirip dengan mekanisme di AS.

Stok Senjata

Komisi tersebut juga akan menyarankan pembuatan “katalog” sehingga negara-negara UE dapat mengetahui apa yang dapat ditawarkan oleh industri pertahanan anggota lainnya, kata pejabat UE.

Amerika Serikat memiliki cadangan senjata strategis – cadangan perang – yang dapat digunakan pada saat-saat mendesak.

UE ingin menciptakan persediaan senjata serupa, sehingga industri pertahanannya bisa sama reaktifnya dengan industri pertahanan AS.

Pejabat UE mengatakan sektor manufaktur pertahanan juga memerlukan visibilitas yang lebih baik untuk investasi dan produksi, yang akan memerlukan pesanan tegas yang dilakukan dalam jangka waktu lebih lama.

Sebagian dari proposal UE didasarkan pada bagaimana komisi tersebut mempelopori perolehan vaksin COVID-19 selama pandemi virus corona.

Pada saat itu, komisi tersebut memberikan dana melalui kontrak pengadaan bersama yang memungkinkan negara-negara UE untuk meningkatkan produksi di perbatasan mereka, kata pejabat tersebut.

Komisi tersebut juga ingin berpartisipasi dalam proyek pertahanan besar UE untuk mempertahankan ruang angkasa, koneksi digital dan, setelah sabotase jaringan pipa gas di Baltik pada September 2022, dasar laut.

“Keputusan yang berani” ini memerlukan “keberanian politik”, kata von der Leyen, mantan menteri pertahanan Jerman.

Bagi Breton, juga diperlukan “ambisi anggaran yang memadai”, dan ia telah memberikan angka sekitar 100 miliar euro (US$110 miliar).

Beberapa negara UE, termasuk Prancis, menyarankan pinjaman umum seperti yang terjadi selama pandemi COVID-19. Namun negara-negara lain, seperti Jerman, menganggap hal itu tidak perlu.

Untuk meredakan perdebatan, von der Leyen menyarankan penggunaan keuntungan tak terduga yang dihasilkan dari aset-aset Rusia yang dibekukan di UE, yang menurut utusan khusus Yunani untuk Ukraina, Spiros Lampridis, dapat mencapai 50 miliar euro. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home