Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:55 WIB | Rabu, 06 Maret 2024

Kekacauan di Haiti, Geng-geng Makin Kuat, Serang Penjara

Orang-orang berlari melewati ban yang dibakar selama protes terhadap Perdana Menteri Haiti, Ariel Henry di Port-au-Prince, hari Selasa (5/3). (Foto: AP/Odelyn Joseph)

PORT-AU-PRINCE, SATUHARAPAN.COM-Geng-geng yang semakin kuat telah menyerang penjara dan bandara yang melayani ibu kota Haiti dalam beberapa hari terakhir, memaksa bisnis dan sekolah tutup ketika ratusan orang melarikan diri.

Geng-geng bersenjata berat telah tumbuh lebih kuat dibandingkan pemerintahan yang lemah di Haiti dan kini menguasai sekitar 80% wilayah ibu kota, menurut PBB.

Serangan terbaru ini dimulai pada hari Kamis ketika Perdana Menteri Ariel Henry terbang ke Kenya untuk mendorong pengerahan pasukan polisi yang didukung PBB untuk membantu memerangi geng-geng tersebut.

Tembakan senjata berat bergema setiap hari di ibu kota, membuat pasukan pemerintah kewalahan. Frantz Elbé, direktur Kepolisian Nasional, mengatakan kepada Radio Caraïbes akhir pekan lalu bahwa serangan baru-baru ini membuat banyak petugasnya tidak mampu merespons.

“Pusat kota sedang berperang,” katanya.

Pejabat pemerintah memberlakukan jam malam selama tiga hari yang dimulai pada hari Senin (4/3) dalam upaya membantu mengendalikan kekerasan, dengan sebagian besar penduduk sudah tinggal di dalam rumah pada malam hari untuk perlindungan diri.

Inilah yang perlu diketahui tentang krisis terbaru ini di Haiti:

Mengapa Ada Lonjakan Kekerasan Mendadak di Haiti?

Beberapa pemimpin geng terkuat di Haiti mengatakan tujuan mereka adalah menjatuhkan Henry.

Negara ini telah gagal menyelenggarakan pemilihan parlemen dalam beberapa tahun terakhir dan tidak ada pejabat terpilih. Henry dilantik sebagai perdana menteri dengan dukungan komunitas internasional setelah pembunuhan Presiden Jovenel Moïse pada Juli 2021.

Putaran serangan terakhir dimulai pada akhir Februari setelah Henry berjanji untuk mengadakan pemilihan umum yang telah lama ditunggu-tunggu pada pertengahan tahun 2025.

Pada hari Sabtu (2/3), orang-orang bersenjata membanjiri lembaga pemasyarakatan utama di ibu kota Port-au-Prince dan penjara lain di dekatnya, membebaskan lebih dari 4.700 narapidana dalam sebuah penggrebegan yang menewaskan beberapa orang.

Keberadaan Henry tidak dipublikasikan pada hari Senin. Ketika ditanya di Kenya apakah aman baginya untuk kembali ke Haiti, Henry mengangkat bahu.

Siapa Yang Bertanggung Jawab Atas Serangan Terbaru?

Jimmy Chérizier, mantan perwira polisi elite yang dikenal sebagai “Barbekyu” yang dianggap sebagai salah satu pemimpin geng paling kuat di Haiti, mengumumkan ketika orang-orang bersenjata mulai menyerang infrastruktur bahwa ia akan mencoba menangkap kepala polisi dan menteri pemerintah negara tersebut.

Empat petugas polisi tewas ketika kantor mereka dikepung.

Cherizier mengatakan pada musim panas lalu bahwa dia akan melawan angkatan bersenjata internasional mana pun jika mereka melakukan pelanggaran, dan dia mendesak rakyat Haiti untuk melakukan mobilisasi melawan pemerintah.

Pemimpin geng lainnya juga tampaknya terlibat dalam serangan baru-baru ini.

Johnson André, paling dikenal sebagai “Izo” dan pemimpin geng muncul dalam video yang diposting di TikTok sambil memegang palu berat di tangan kanannya sambil berpura-pura meninju wajahnya dengan tangan kiri.

Geng Izo dianggap sebagai sekutu G-Pep, musuh utama federasi geng Barbekyu, namun aliansi tersebut telah berubah dalam beberapa hari terakhir.

Sebuah laporan yang dirilis bulan lalu oleh Inisiatif Global Melawan Kejahatan Terorganisir Transnasional menemukan bahwa “bagi geng-geng tersebut, perkembangan aliansi adalah fenomena yang berubah-ubah.”

Laporan tersebut juga mencatat bahwa “hanya geng yang paling kuat – seperti geng Izo atau Chérizier – yang biasanya dapat beroperasi atau mengambil keuntungan di luar wilayah kekuasaan mereka.”

Barbekyu adalah pemimpin federasi geng yang dikenal sebagai Keluarga dan Sekutu G9, dan dia sebelumnya telah melancarkan serangan kuat yang telah melumpuhkan negara tersebut. Pada akhir tahun 2022, ia menguasai area sekitar terminal bahan bakar utama di ibu kota Port-au-Prince selama hampir dua bulan.

Mengapa geng di Haiti Tumbuh Sangat Kuat?

Diperkirakan ada 200 geng di Haiti, dengan 23 geng utama diyakini beroperasi di wilayah metropolitan Port-au-Prince.

Hingga beberapa tahun terakhir, mereka menguasai sekitar 60% wilayah ibu kota, dan jumlah tersebut kemudian meningkat menjadi 80%, menurut pejabat PBB.

Penyelundupan senjata api dan pembayaran uang tebusan kepada para penculik telah memungkinkan geng-geng tersebut menjadi lebih mandiri secara finansial. Hal ini telah meningkatkan kekuatan mereka seiring melemahnya negara, dan departemen kepolisian yang kekurangan dana dan sumber daya tidak mampu membendung mereka.

“Geng-geng masa kini memiliki kapasitas militer yang jauh lebih tinggi dibandingkan sepuluh tahun lalu,” menurut laporan Global Initiative. “Hal ini sebagian besar didorong oleh kemampuan geng-geng tersebut untuk memperoleh senjata berkaliber tinggi.”

Laporan PBB tahun 2023 menyatakan bahwa senjata yang ditemukan yang ditujukan ke pelabuhan Haiti termasuk “senapan penembak jitu kaliber 50, senapan 308, dan bahkan senapan mesin yang diberi sabuk.”

Apa Yang Dilakukan Pemerintah Mengatasi Kekerasan?

Menteri Keuangan, Patrick Boivert, yang menjabat sebagai penjabat perdana menteri, mengumumkan keadaan darurat pada hari Minggu (3/3) malam dan mengatakan para pejabat memberlakukan jam malam untuk “mengambil tindakan yang tepat guna mendapatkan kembali kendali atas situasi.”

Jam malam tiga hari dimulai pada hari Senin dan berlaku mulai pukul 18:00 sore. sampai pukul 05:00 pagi. “Polisi diperintahkan untuk menggunakan segala cara hukum yang mereka miliki untuk menegakkan jam malam dan menangkap semua pelanggar,” kata Boivert dalam sebuah pernyataan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home