Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:34 WIB | Jumat, 09 Juni 2023

UNICEF: Taliban Dorong Keluar LSM Asing Yang Bantu Pendidikan di Afghanistan

Seorang guru mengajar di kelas anak perempuan pada hari pertama tahun ajaran, di Kabul, Afghanistan, pada Sabtu, 25 Maret 2023. UNICEF mengatakan pada hari Kamis, 8 Juni 2023, sangat prihatin dengan laporan tentang Taliban yang mendorong keluar organisasi bantuan di sekolah internasional dari sektor pendidikan Afghanistan dan memerintahkan mereka untuk menyerahkan kegiatan mereka kepada kelompok non pemerintah lokal. (Foto: dok. AP/Ebrahim Noroozi)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-UNICEF mengatakan pihaknya sangat prihatin dengan laporan-laporan tentang Taliban yang mendorong keluar organisasi internasional dari sektor pendidikan Afghanistan dan memerintahkan mereka untuk menyerahkan kegiatan mereka kepada kelompok non pemerintah lokal.

Ini adalah pembatasan terbaru pada LSM yang beroperasi di negara itu setelah larangan yang diberlakukan pada bulan Desember terhadap staf perempuan Afghanistan, diduga karena mereka tidak mengenakan jilbab Islami, atau hijab, dengan benar dan tidak mematuhi pemisahan jender di tempat kerja. Pada bulan April, larangan tersebut diperluas ke badan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa).

Catatan suara WhatsApp, konon dari pejabat pendidikan senior di Kabul, mengatakan semua organisasi internasional memiliki tenggat waktu satu bulan untuk mentransfer pekerjaan pendidikan mereka ke kelompok lokal.

Kementerian Pendidikan tidak segera tersedia untuk memverifikasi catatan suara tersebut, tetapi pejabat lembaga bantuan mengatakan kepada The Associated Press bahwa mereka mengetahui pesan tersebut dan menanggapinya dengan serius. Mereka berbicara tanpa menyebut nama karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Larangan staf perempuan Afghanistan yang bekerja di PBB juga disampaikan melalui pesan suara WhatsApp, konon dari seorang tokoh senior Taliban.

“Sebagai lembaga utama untuk pendidikan di Afghanistan, UNICEF sangat prihatin dengan laporan bahwa lebih dari 500.000 anak, termasuk lebih dari 300.000 anak perempuan, dapat kehilangan pembelajaran berkualitas melalui pendidikan berbasis masyarakat dalam waktu satu bulan jika organisasi non pemerintah internasional bekerja di bidang pendidikan tidak lagi diizinkan untuk beroperasi dan jika penyerahan kepada LSM nasional dilakukan tanpa penilaian dan peningkatan kapasitas yang komprehensif,” kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan.

“UNICEF berusaha untuk lebih memahami arahan yang dilaporkan, dan apa artinya bagi program nasional yang memberikan kesempatan belajar bagi anak-anak di beberapa daerah paling terpencil dan pedesaan di Afghanistan.”

Sekitar 17.000 guru, termasuk 5.000 perempuan, bekerja dalam kegiatan pendidikan UNICEF.

UNICEF bertemu dengan Kementerian Pendidikan di Kabul untuk informasi lebih lanjut.

Sumber bantuan mengatakan beberapa provinsi telah memerintahkan penghentian segera semua kegiatan pendidikan yang dipimpin asing setelah para pejabat dilaporkan mengatakan kepada pemimpin Taliban, Hibatullah Akhundzada, bahwa orang asing membentuk Kementerian Pendidikan mereka sendiri dan tidak mengoordinasikan pekerjaan mereka dengan Taliban.

Catatan suara terbaru mengatakan tindakan baru itu mempengaruhi semua organisasi internasional, bahkan jika mereka Islam, dan bahwa hanya LSM Afghanistan yang disetujui kementerian yang menyetujui kondisi kementerian yang dapat melakukan pekerjaan pendidikan. Perintah itu juga mempengaruhi pembangunan sekolah.

Pada bulan April, Taliban menutup pusat dan lembaga pendidikan yang didukung oleh LSM di selatan negara itu hingga pemberitahuan lebih lanjut. Pusat-pusat itu sebagian besar untuk anak perempuan, yang dilarang bersekolah di luar kelas enam.

Kementerian tidak memberikan penjelasan atas penutupan tersebut pada saat itu. Namun seorang juru bicara departemen pendidikan di Kandahar mengatakan keputusan itu diambil sebagai tanggapan atas keluhan.

Badan-badan bantuan telah memberikan dukungan makanan, pendidikan, dan perawatan kesehatan kepada warga Afghanistan setelah pengambilalihan Taliban pada Agustus 2021 dan keruntuhan ekonomi yang mengikutinya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home