Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:35 WIB | Rabu, 20 Maret 2024

Ukraina Lancarkan Serangan Drone Jarak Jauh ke Wilayah Rusia

Foto dari kantor gubernur Belgorod, Rusia, di akun letegram, hari Sabtu (16/3) menunjukkan kendaraan yang terbakar dan gedung yang rusak akibat serangan dari pihak Ukraina. (Foto: kantor gubernur Belgorod via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ukraina melancarkan gelombang baru serangan pesawat tak berawak (drone) besar-besaran terhadap Rusia pada hari Minggu (17/3) ketika warga Rusia memberikan suara pada hari terakhir pemilihan presiden yang akan memperpanjang kekuasaan Presiden Vladimir Putin selama enam tahun ke depan.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan jatuhnya 35 drone Ukraina dalam semalam, termasuk empat di wilayah Moskow.

Walikota Moskow, Sergei Sobyanin, mengatakan drone kelima, yang terletak di dekat bandara ibu kota Domodedovo, ditembak jatuh pada hari Minggu pagi. Tidak ada korban jiwa atau kerusakan yang dilaporkan.

Menurut Kementerian Pertahanan, dua drone ditembak jatuh di wilayah Kaluga, tepat di selatan ibu kota Rusia, dan empat di wilayah Yaroslavl, timur laut Moskow.

Serangan di wilayah Yaroslavl, yang terletak sekitar 800 kilometer (500 mil) dari perbatasan Ukraina, merupakan serangan terjauh yang dilancarkan Ukraina sejauh ini.

Lebih banyak lagi drone Ukraina yang ditembak jatuh di wilayah Belgorod, Kursk dan Rostov yang berbatasan dengan Ukraina dan wilayah selatan Krasnodar, kata Kementerian Pertahanan.

Penembakan di Belgorod pada Minggu pagi menewaskan seorang gadis berusia 16 tahun dan melukai ayahnya, sementara serangan kedua di kemudian hari menewaskan seorang pria lain dan melukai 11 lainnya, kata Gubernur Vyacheslav Gladkov.

Pihak berwenang juga mengatakan bahwa sebuah drone jatuh di sebuah kilang minyak di wilayah Krasnodar, memicu kobaran api yang padam beberapa jam kemudian. Seorang pekerja di kilang meninggal karena serangan jantung, kata para pejabat. Kilang minyak dan terminal minyak telah menjadi sasaran utama serangan pesawat tak berawak Ukraina.

Ada serangkaian serangan pesawat tak berawak Ukraina dan serangan lainnya selama beberapa hari terakhir yang digambarkan Putin sebagai upaya Ukraina untuk menakut-nakuti warga dan menggagalkan pemilihan presiden Rusia.

“Serangan musuh tersebut belum dan tidak akan dibiarkan begitu saja,” janjinya dalam pertemuan Dewan Keamanan pada hari Jumat (15/3). “Saya yakin rakyat kami, rakyat Rusia, akan menanggapi hal ini dengan lebih kompak.”

Serangan Rusia

Dua rudal balistik Rusia menghantam kota Mykolaiv di Ukraina selatan pada hari Minggu, melukai sedikitnya lima orang, tulis Gubernur Vitaliy Kim di wilayah tersebut melalui aplikasi pesan Telegram.

Militer Ukraina juga mengatakan bahwa 14 drone Rusia telah ditembak jatuh di wilayah Odesa pada hari Minggu, menyusul serangan rudal balistik Rusia di kota pelabuhan selatan pada hari Jumat yang menewaskan sedikitnya 21 orang.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pada hari Minggu bahwa Menteri Pertahanan Inggris, Grant Shapps, membatalkan perjalanan ke Odesa awal bulan ini karena ancaman rudal Rusia. The Sunday Times melaporkan bahwa Shapps, yang mengunjungi Kiev pada 7 Maret, telah diperingatkan oleh intelijen Inggris bahwa Rusia telah mengetahui rencana perjalanannya.

Pasukan Rusia juga meluncurkan lima rudal anti pesawat S-300 di wilayah yang dikuasai Ukraina di wilayah Kharkiv dan Donetsk, serta dua rudal berpemandu X-59 di wilayah Chernihiv, kata angkatan udara Ukraina pada Minggu.

Ketika perang memasuki tahun ketiga, pasukan Rusia telah mencapai kemajuan secara perlahan dan bertahap di sepanjang garis depan, mengandalkan keunggulan mereka dalam daya tembak, sementara Ukraina telah melawan dengan lebih banyak serangan pesawat tak berawak jauh di wilayah Rusia.

Serangan Lintas Batas

Jumlah serangan lintas batas juga meningkat. Legiun Kebebasan Rusia – salah satu dari sejumlah kelompok bersenjata yang mencakup orang-orang Rusia yang berperang bersama pasukan Ukraina – mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka telah menguasai desa perbatasan Rusia Gorkovskiy di wilayah Belgorod.

Sebuah video yang dirilis di media sosial menunjukkan tentara menurunkan bendera Rusia dari gedung administrasi utama desa tersebut. Gambar-gambar tersebut tidak diverifikasi secara independen oleh The Associated Press.

Kelompok serupa, Korps Relawan Rusia, merilis video di media sosial pada hari Sabtu yang menuduh telah menangkap 25 tentara Rusia. Klaim tersebut juga tidak dapat diverifikasi secara independen.

Sementara itu, militer Rusia mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka telah menggagalkan upaya serangan lintas batas lainnya yang dilakukan “kelompok sabotase dan pengintaian” Ukraina.

Serangan lintas batas di wilayah tersebut telah terjadi secara sporadis sejak perang dimulai dan telah menjadi sasaran klaim dan tuntutan balasan, serta disinformasi dan propaganda. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home