Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 23:00 WIB | Rabu, 10 Desember 2014

Usmanov Kembalikan Medali Nobel yang Dibelinya

Medali Nobel (Foto: bbc.com)

RUSIA, SATUHARAPAN.COM - Alisher Usmanov mengungkapkan dia adalah orang yang membeli medali emas Nobel milik ilmuwan Amerika Serikat James Watson dan dia berkeinginan mengembalikan medali itu pada pemiliknya.

Pengusaha baja dan telekomunikasi asal Rusia itu mengatakan Watson berhak atas medali tersebut. Dia mengatakan merasa sedih mengetahui ilmuwan itu terpaksa menjual medalinya.

Medali Nobel Kedokteran itu diberikan pada 1962 pada James Watson atas penemuan struktur DNA. Medali itu terjual 4 November 2014 dengan harga 4,8 juta dolar AS (Rp 59 miliyar) di sebuah acara lelang di balai lelang Christie's, New York, Amerika Serikat.

Medali Nobel itu tercatat merupakan medali Nobel pertama yang dijual oleh penerimanya yang masih hidup. 

Watson menerima Nobel Kedokteran atas jasanya menemukan struktur dasar kehidupan, asam nukleat, yang berupa pita ganda (Deoxyribo Nucleic Acid/DNA). Tahun 1962 dia berbagi penghargaan itu dengan rekannya, Francis Crick dan Maurice Wilkins.

Penemuan tersebut mengubah dunia biologi dan kedokteran. Semua penelitian lanjut, mulai komponen DNA, gen-gen yang menyusunnya, serta teknologi rekayasa genetika, berdasar dari temuan Watson.

Saat akan menjual medali Nobelnya, Watson (86) mengatakan dia berencana mendonasikan sebagian uang hasil penjualan untuk membiayai penelitian. 

Dalam sebuah wawancara dengan Financial Times baru-baru ini, Watson mengatakan ia telah merasa seperti "unperson" sejak wawancara dengan Sunday Times tujuh tahun yang lalu di mana ia mengatakan bahwa ras dengan kecerdasan ada keterkaitannya.

"Menurut saya, situasi dimana seorang ilmuwan terkemuka harus menjual medalinya tidak bisa diterima. James Watson adalah ahli biologi terbesar yang dimiliki umat manusia," kata Usmanov, dikutip dari BBC, Selasa, (9/12).

 Menurut majalah Forbes, Usmanov memiliki kekayaan 15,8 miliar dolar AS. Dia memiliki saham besar di klub sepakbola Arsenal dan dia  juga pernah menempati daftar orang terkaya di Inggris 2013 versi Sunday Times(bbc.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home