Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 15:27 WIB | Minggu, 23 Agustus 2015

Utusan Korut dan Korsel Lakukan Pembicaraan Darurat

Penasihat keamanan nasional kepresidenan Korea Selatan Kim Kwan-Jin (kanan), dan Menteri Unifikasi Hong Yong-Pyo (kedua dari kanan) berjabatan tangan dengan pejabat tinggi militer Korea Utara Hwang Pyong-So (kiri) dan pejabat tinggi urusan Korea Selatan Kim Yang-Gon (kedua dari kiri) dalam pertemuan di desa Panmunjom, hari Sabtu (22/8). (Foto: voaindonesia.com)

PYONGYANG, SATUHARAPAN.COM - Utusan Korea Utara dan Korea Selatan bertemu hingga Sabtu larut malam (22/8) dalam pembicaraan tingkat tinggi darurat, yang bertujuan untuk mengakhiri konfrontasi menegangkan yang membuat kedua negara tersebut di ambang perang.

“Pembicaraan itu berlangsung di desa perbatasan Panmunjom,” kata para pejabat Kementerian Unifikasi Korea Selatan sebagaimana dikutip voaindonesia.com, Minggu (23/8).

Menurut kantor berita Yonhap, lebih dari lima jam kemudian, menjelang tengah malam, pembicaraan tersebut masih berlangsung.

Kim Kwan-jin, penasihat keamanan nasional Presiden Korea Selatan Park Geun-hye, dan Hwang Pyong So, seorang staf pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, ambil bagian dalam pertemuan itu.

Tidak ada berita mengenai rincian pertemuan mendesak itu, yang diadakan atas permintaan Pyongyang.

Korea Utara telah mengancam akan melancarkan “perang habis-habisan” terhadap Korea Selatan pekan ini, dan menetapkan tenggat Sabtu pukul lima sore waktu Pyongyang bagi Korea Selatan untuk menghentikan siaran propaganda anti-Pyongyang dengan pengeras suara di dekat perbatasan.

Tenggat itu telah berlalu 90 menit saat kedua pihak memulai pembicaraan mereka Sabtu malam.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home