Loading...
FOTO
Penulis: Melki Pangaribuan 19:57 WIB | Kamis, 01 September 2016

Veranda Talk Jadi Ungkapan Keakraban Presiden Jokowi

"Veranda talk ini bukan hanya sekedar judul atau nama, tapi mempunyai makna. Maknanya adalah pembicaraan akrab antara Presiden dengan beberapa tamu negara yang dianggap dekat dan penting di dalam substansi maupun hubungan."
Veranda Talk Jadi Ungkapan Keakraban Presiden Jokowi
Kalangan Istana biasa menyebut obrolan di teras belakang Istana Merdeka Jakarta tersebut dengan sebutan veranda talk. (Foto-foto: Dok. BPMI)
Veranda Talk Jadi Ungkapan Keakraban Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo terlibat perbincangan hangat dengan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti, pada hari Kamis (1/9) di teras belakang Istana Merdeka.
Veranda Talk Jadi Ungkapan Keakraban Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo berbicang dengan salah satu tamu Negara di teras belakang Istana Merdeka beberapa waktu lalu.
Veranda Talk Jadi Ungkapan Keakraban Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan Ratu Kerajaan Belanda Maxima (kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/9). Dalam pertemuan tersebut Presiden Joko Widodo meminta Ratu Maxima selaku Penasihat Khusus Sekretaris Jenderal PBB tentang Perkembangan Inklusi Keuangan bagi Pembangunan (UNSGSA) membantu mendorong perkembangan keuangan inklusi di Indonesia. (Foto-foto: Antara)
Veranda Talk Jadi Ungkapan Keakraban Presiden Jokowi
Menko PMK Puan Maharani (kanan) menerima kunjungan Ratu Kerajaan Belanda Maxima (kiri) di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (1/9). Kedatangan Ratu Maxima selaku Penasihat Khusus Sekretaris Jenderal PBB tentang pembiayaan inklusif untuk pembangunan (UNSGSA) tersebut untuk membahas perkembangan layanan keuangan digital di Indonesia.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo terlibat perbincangan hangat dengan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti, pada hari Kamis (1/9) di Istana Merdeka. Keduanya tampak saling melepas tawa kecil dan senyuman dalam perbincangan yang dilakukan di teras belakang Istana Merdeka atau disebut dengan veranda talk.

Para jurnalis yang ada di sekitar lokasi tentu saja tak mau melewatkan momen tersebut. Dengan kamera masing-masing, diabadikannya momen penuh keakraban antara Presiden dengan tamunya tersebut.

Kalangan Istana biasa menyebut obrolan di teras belakang Istana Merdeka tersebut dengan sebutan veranda talk. Bila ditelusuri, veranda talk tersebut memang baru dilakukan saat Joko Widodo menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Perdana Menteri Timor Leste, Rui Maria De Araujo, merupakan pemimpin negara tetangga yang pertama kali diajak Presiden untuk berbincang di teras belakang Istana. Saat itu, sang perdana menteri pun berterima kasih atas keramahan yang ditunjukkan Presiden selama kunjungannya.

"Saya sampaikan, ini adalah kunjungan pertama saya kepada Presiden Jokowi. Saya terhormat bisa bertemu beliau. Saya mengucapkan terima kasih atas keramahan kepada saya beserta delegasi," kata De Araujo dalam keterangan bersama di Istana Merdeka, pada 26 Agustus 2015 silam.

Namun, tak serta merta semua tamu Presiden berkesempatan untuk berbincang dalam veranda talk tersebut. Sebab, veranda talk bukanlah sekedar rutinitas keprotokolan semata, namun terdapat makna penting yang tersirat di dalamnya.

"Veranda talk ini bukan hanya sekedar judul atau nama, tapi mempunyai makna. Maknanya adalah pembicaraan akrab antara Presiden dengan beberapa tamu negara yang dianggap dekat dan penting di dalam substansi maupun hubungan," terang Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala kepada para jurnalis pada hari Kamis (1/9).

Veranda talk ini sendiri diinisiasi langsung oleh Presiden Joko Widodo. Presiden merasa perlu untuk menyambut, berbincang, dan memberikan penghormatan khusus kepada para tamunya yang memiliki kedekatan khusus dengan dirinya dan negara Indonesia.

"Veranda talk adalah format pertemuan yang diperkenalkan oleh beliau (Presiden Joko Widodo) dalam rangka menemui tamu negara yang dianggap dekat. Baru di zaman Pak Jokowi ini," lanjut Djumala.

Berdasarkan keinginan Presiden tersebut, Sekretariat Presiden mencoba untuk mewujudkannya ke dalam apa yang sekarang dapat disaksikan oleh para jurnalis dan juga masyarakat melalui pemberitaan.

"Oleh karena itulah, kita dan Sekretariat Presiden mendesain suatu format pertemuan yang disebut veranda talk ini. Ini akan kita jadikan sebagai model jika Presiden ingin mengadakan pembicaraan yang dari hati ke hati," katanya.

Teras Istana yang di hadapannya disuguhkan pemandangan taman dan lapangan asri yang dipenuhi oleh pepohonan dan kicau burung merupakan tempat di mana Presiden Joko Widodo secara pribadi hendak mengungkapkan betapa berarti seorang tamu yang diterimanya.

“Tentu saja, tak sembarang orang yang akan diajak sendiri oleh Presiden. Itu sangat tergantung persepsi Presiden. Presiden yang menentukan. Dan biasanya pagi-pagi sebelum menerima tamu akan kita tanya apakah mau ada veranda atau tidak?" katanya.

Darmansjah Djumala berharap format yang baru diperkenalkan tersebut akan menjadi standar tersendiri bagi penerimaan tamu-tamu penting Presiden dalam kesempatan-kesempatan berikutnya.

"Veranda talk ini mudah-mudahan ke depan akan dijadikan standar bagi Presiden dalam rangka membicarakan hal-hal strategis, penting, dan memiliki hubungan dekat," katanya. (Setpres)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home