Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 08:17 WIB | Rabu, 30 September 2015

Di Saat Tetangga Terpuruk, Ekonomi Vietnam Tumbuh 6,81 Persen

Pemandangan di salah satu sudut kota Hanoi, Vietnam (Foto: bloomberg.com)

HANOI, SATUHARAPAN.COM - Pertumbuhan ekonomi Vietnam meningkat pada kuartal ketiga, menurut angka resmi yang ditunjukkan pada Selasa (29/09).

Kenaikan itu didorong oleh besarnya investasi perusahaan penanaman modal asing di bidang manufaktur, berbanding terbalik dengan negara-negara tetangganya.

Produk domestik bruto (PDB) melonjak 6,81 persen pada kuartal ketiga, menurut perkiraan Kantor Statistik Umum, melambung dari 6,47 persen pada kuartal kedua dan 6,12 persen pada kuartal pertama tahun ini.

“Jika angka tersebut bisa dipercaya, itu merupakan kabar baik... Tampaknya kesulitan ekonomi yang dihadapi Vietnam sedikit menurun tahun ini,” kata ekonom Phan Chi Lan kepada AFP.

Kuatnya performa sektor manufaktur berbasis ekspor dan sektor jasa -- yang melonjak 6,17 persen pada sembilan bulan pertama tahun ini – membuat negara tersebut kemungkinan bisa melampaui perkiraan resmi.

Pemerintah menetapkan target pertumbuhan setahun penuh sebesar 6,2 persen.

“Vietnam merupakan satu-satunya negara dengan pertumbuhan ekspor yang cukup tinggi di tengah anjloknya ekspor yang dialami rekan regionalnya,” menurut catatan penelitian ANZ Banking Group pada pekan ini.

Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) pekan lalu memperkirakan PDB negara tersebut akan tumbuh 6,5 persen pada 2015 -- pertumbuhan tertinggi di antara enam negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara yang dilacak bank tersebut. (Ant/AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home