Loading...
MEDIA
Penulis: Sotyati 15:45 WIB | Selasa, 06 Mei 2014

Vietnam Tangkap Blogger Terkemuka

Nguyen Huu Vinh. (Foto: nuvuongcongly.net)

HANOI, SATUHARAPAN.COM - Seorang blogger terkemuka ditangkap di Vietnam karena dituduh menyebarkan serangkaian artikel antipemerintah negara itu, seperti diungkapkan kepolisian Vietnam pada Selasa (6/5).

Nguyen Huu Vinh (57), yang lebih dikenal dengan nama Anh Ba Sam, ditangkap di Hanoi pada Senin (5/5), karena mengunggah beberapa artikel, “dengan konten negatif dan informasi tidak benar yang merendahkan wibawa dan kepercayaan terhadap lembaga negara,” ujar kementerian keamanan publik Vietnam.

Polisi juga menahan Nguyen Thi Minh Thuy (33), yang dituduh melakukan pelanggaran sama, menurut pernyataan kementerian tersebut, tanpa memberikan detail mengenai perannya.

Vietnam melarang media swasta, dan semua surat kabar dan stasiun TV dimiliki oleh pemerintah. Pengacara, blogger, dan aktivis sering kali menjadi target penangkapan dan penahanan semena-mena.

Menurut laporan Reporters Without Borders, Vietnam menahan sedikitnya 34 blogger. Hanya Tiongkok yang menjebloskan lebih banyak blogger ke dalam jeruji besi.

Vinh, mantan polisi, mendirikan blog politik dan sosial “Ba Sam” pada 2007, awalnya ditujukan untuk menyimpan artikel untuk referensi pribadi.

Blog tersebut kemudian menjadi sumber berita dengan tautan ke berbagai berita utama di surat kabar milik pemerintah serta postingan blog dari aktivis.

Blog tersebut sering berganti alamat web guna menghindari serangan peretas.

Tidak diketahui apakah Vinh memiliki blog saat ia tangkap pada Senin. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home