Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 13:34 WIB | Kamis, 25 Juli 2013

Waduk Wai Ela Pulau Ambon Jebol

Waduk Wai Ela Pulau Maluku Kabupaten Maluku Tengah (foto: pu.go.id)

AMBON,  SATUHARAPAN.COM - Waduk Wai Ela, Desa Negeri Lima, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah jebol sekitar pukul 12.00 Waktu Indonesia bagian Timur, hari Kamis (25/7). Sehari sebelumnya, Rabu (24/7) petang, puluhan warga setempat telah memutuskan untuk mengungsi akibat air waduk Wai Ela telah meluap melewati 'spillway' (bangunan pelimpah air).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Zulkifli Wakano, membenarkan peristiwa jebolnya Waduk Wai Ela pada Siang ini. "Benar pak, Wai Ela sudah jebol sekitar pkl 12.00 WIT. Air bah dari waduk itu mengarah ke Desa Ureng," kata Wakano, seperti disampaikan beritamaluku.com lewat telepon selular.

Menurut Zulkifli Wakano, air bah dari Waduk Wai Ela kini mengarah ke Desa Ureng Negeri Lima, akibatnya ratusan rumah yang berada di bawah Waduk itu terkena dampaknya. Dia memprediksikan kemungkinan akan ada kerugian harta benda yang tidak sedikit akibat terjangan air bah ke pemukiman warga, namun dia tidak menyebutkan adanya korban jiwa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tengah, Bob Rachmat, mengatakan sebagian warga sejak Selasa telah mengungsi ke rumah sanak keluarga yang dinilai aman. Begitu pun sedikitnya 30 penduduk Negeri Lima telah berada di lokasi penampungan pengungsi di Dusun Latang yang jaraknya sekitar 700 meter dari desa setempat.

Dam Wai Ela merupakan yang terbesar dari semua waduk yang terbentuk secara alamiah di Tanah Air, bahkan di Asia juga tidak ada yang sebesar ini. Natural dam Wai Ela diprogramkan untuk penyiapan air baku, objek wisata, budidaya perikanan darat dan pembangkit listrik tenaga air.

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home