Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:07 WIB | Rabu, 10 Agustus 2022

Wali Kota Nagasaki: Hapus Senjata Nuklir Demi Masa Depan Manusia

Kelompok paduan suara yang terdiri dari para korban serangan bom atom AS tahun 1945 bernyanyi pada peringatan 77 tahun bom atom Nagasaki di Nagasaki, Jepang selatan, Selasa, 9 Agustus 2022. (Foto: Kyodo News via AP)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Nagasaki memberikan penghormatan kepada para korban bom atom Amerika Serikat 77 tahun yang lalu pada 9 Agustus, dengan wali kota mengatakan perang Rusia terhadap Ukraina menunjukkan kepada dunia bahwa serangan nuklir lain bukan hanya kekhawatiran tetapi juga “krisis yang nyata dan nyata."

Walikota Tomihisa Taue, dalam pidatonya pada hari Selasa (9/8) di Taman Perdamaian Nagasaki, mengatakan senjata nuklir dapat digunakan selama masih ada, dan penghapusannya adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkan masa depan umat manusia.

Invasi Rusia ke Ukraina dan ancaman penggunaan senjata nuklir terjadi hanya sebulan setelahnya dan empat kekuatan nuklir lainnya berjanji dalam sebuah pernyataan bahwa perang nuklir tidak boleh diperjuangkan, kata Taue.

“Ini telah menunjukkan kepada dunia bahwa penggunaan senjata nuklir bukanlah ketakutan yang tidak berdasar, tetapi krisis yang nyata dan saat ini,” katanya. Keyakinan bahwa senjata nuklir dapat dimiliki bukan untuk penggunaan yang sebenarnya, tetapi untuk pencegahan "adalah fantasi, tidak lebih dari harapan belaka."

Seperti di Hiroshima, Rusia dan sekutunya Belarusia tidak diundang ke acara peringatan di Nagasaki.

Amerika Serikat menjatuhkan bom atom pertama di dunia di Hiroshima pada 6 Agustus 1945, menghancurkan kota dan membunuh 140.000 orang. Ia menjatuhkan bom kedua tiga hari kemudian di Nagasaki, menewaskan 70.000 lainnya. Jepang menyerah pada 15 Agustus, mengakhiri Perang Dunia II dan hampir setengah abad agresi Jepang di Asia.

Peserta, termasuk diplomat dari negara pemilik senjata nuklir, mengheningkan cipta pada pukul 11:02, saat bom meledak di atas kota Jepang selatan pada 9 Agustus 1945.

Meskipun Rusia pekan lalu mencoba untuk membatalkan peringatan Putin, kekhawatiran akan bom atom ketiga telah tumbuh di tengah ancaman serangan nuklir Rusia sejak perangnya di Ukraina dimulai pada Februari. Rusia pekan lalu menembaki sebuah kota Ukraina yang dekat dengan pembangkit nuklir terbesar di Eropa.

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, berkata, "Meskipun kita menghadapi lingkungan keamanan yang parah, kita harus mengejar sejarah penggunaan non nuklir dan menjadikan Nagasaki sebagai tempat terakhir serangan nuklir."

Para pejabat Jepang khawatir bahwa konflik tersebut dapat membuat China menjadi lebih tegas di Asia Timur, dan pemerintah mendorong untuk lebih meningkatkan kemampuan dan pengeluaran militernya.

Jepang melepaskan kepemilikan, produksi, atau penyimpanan senjata nuklirnya sendiri, tetapi sebagai sekutu AS, Jepang menampung 50.000 tentara Amerika dan dilindungi oleh payung nuklir AS. Namun, ancaman nuklir Rusia telah mendorong beberapa anggota parlemen di partai yang memerintah juga mengusulkan kemungkinan berbagi nuklir dengan Amerika Serikat.

Taue mengatakan diskusi tentang perlucutan senjata nuklir dan non proliferasi selama beberapa dekade terakhir belum dipraktikkan dan kepercayaan pada Perjanjian 1968 tentang Non Proliferasi Senjata Nuklir telah menjadi "renggang."

“Kita harus menyadari bahwa membersihkan diri dari senjata nuklir adalah satu-satunya cara realistis untuk melindungi Bumi dan masa depan umat manusia,” kata Taue.

Taue mendesak pemerintah Jepang untuk menjalankan kepemimpinan dalam mengupayakan diplomasi perdamaian yang tidak bergantung pada pencegahan nuklir. “Senjata nuklir bukanlah pencegahan,” kata Takashi Miyata, seorang penyintas berusia 82 tahun, atau hibakusha. Dia mengatakan kemungkinan berbagi nuklir adalah “kebalikan dari keinginan kami.”

Sirene serangan udara dan adegan Ukraina yang dibom mengingatkannya pada “pika don”, atau kilatan dan ledakan bom atom yang dialami Miyata pada usia lima tahun. Paman dan bibinya meninggal dalam pengeboman, dan ayahnya meninggal karena leukemia lima tahun kemudian. Miyata juga mengidap kanker 10 tahun lalu.

Banyak orang yang selamat dari pengeboman mengalami luka dan penyakit yang berkepanjangan akibat ledakan dan paparan radiasi dan telah menghadapi diskriminasi di Jepang.

Pada Maret, 118.935 orang yang selamat disertifikasi memenuhi syarat untuk mendapatkan dukungan medis pemerintah, menurut kementerian kesehatan dan kesejahteraan. Usia rata-rata mereka sekarang melebihi 84. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home