Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:29 WIB | Minggu, 24 Maret 2024

Warga Gaza Terjebak dalam Serangan Israel di Rumah Sakit Al-Shifa

Asap mengepul saat serangan Israel di rumah sakit Al-Shifa dan daerah sekitarnya, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas, di Kota Gaza, 21 Maret 2024. (Foto: Reuters)

JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Di sekitar rumah sakit terbesar di Jalur Gaza yang terkepung, warga Palestina telah menyaksikan pemboman terus-menerus, penangkapan massal, tank dan mayat berserakan di jalan-jalan selama serangan Israel yang berlangsung selama beberapa hari, tanpa terlihat adanya akhir.

Pasukan Israel yang memerangi militan Hamas melancarkan operasi di dan sekitar rumah sakit Al-Shifa di Kota Gaza pada hari Senin (18/3), dengan mengatakan bahwa operasi senior berpangkalan di kompleks yang luas tersebut.

Sejak itu, menurut militer, sekitar 150 militan Palestina telah terbunuh dan ratusan lainnya ditangkap atau diinterogasi.

Dan setelah lima hari, pasukan Israel tidak menunjukkan tanda-tanda mundur. “Semua orang takut dieksekusi atau ditangkap,” kata Mohammed, 59 tahun, yang tinggal sekitar 500 meter (0,3 mil) dari Al-Shifa dan hanya menyebutkan nama depannya.

“Saya merasa Gaza menjadi lebih buruk daripada api neraka,” katanya kepada AFP. “Saya melihat banyak mayat di Jalan Al-Shifa dan tank-tank menghalangi jalan menuju rumah sakit. Saya melihat kebakaran di sebuah rumah di sebelah Al-Shifa.”

Daerah sekitarnya, lingkungan Al-Rimal dan kamp pengungsi Al-Shati, seperti “kota hantu”, dengan hanya sedikit penduduk yang tersisa, kata Mohammed.

Banyak warga Palestina di wilayah utara, tempat Kota Gaza berada, melarikan diri ke selatan pada awal perang, yang dimulai pada 7 Oktober dengan serangan Hamas terhadap Israel selatan.

Serangan terbaru terhadap RS Al-Shifa – menyusul operasi militer di sana pada bulan November yang memicu kemarahan internasional – telah menyebabkan lebih banyak orang mencari keselamatan di tempat lain.

Rekaman AFP menunjukkan arus orang-orang yang melarikan diri ke selatan di sepanjang pantai Gaza untuk menghindari serangan rumah sakit pada hari Kamis (21/3).

Mahmoud Abu Amra, 50 tahun, yang tinggal di Al-Rimal, mengatakan pasukan Israel memaksa “perempuan dan anak-anak pergi ke barat menuju jalan Al-Rashid di pantai, dan kemudian ke selatan Jalur Gaza”.

Mereka yang masih tinggal di wilayah utara, menurut PBB, berjumlah sekitar 300.000 orang, menghadapi kondisi yang mengerikan dan kekurangan pasokan bahan pokok yang melumpuhkan.

Serangan militer Israel melawan Hamas telah menewaskan sedikitnya 32.070 orang di Gaza, kebanyakan dari mereka adalah perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas.

Serangan tanggal 7 Oktober terhadap Israel mengakibatkan sekitar 1.160 kematian, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan resmi AFP.

Pada hari Jumat (22/3) dini hari, Abu Amra mengatakan dia melihat pasukan Israel menyerbu rumah-rumah dan bangunan tempat tinggal di barat Kota Gaza.

“Pasukan ini mengevakuasi semua warga dari rumah mereka, dan memaksa semua pria berusia di atas 16 tahun untuk menanggalkan pakaian mereka kecuali pakaian dalam mereka,” katanya.

“Mereka mengikat mereka, memukuli mereka dengan popor senapan, menghina mereka dan membawa mereka ke sekolah dekat rumah sakit Al-Shifa untuk diinterogasi dan ditahan.”

Israel menegaskan bahwa tindakannya sesuai dengan hukum internasional. Militer Israel mengatakan kepada AFP bahwa “seringkali tersangka teroris perlu menyerahkan pakaian mereka... untuk memastikan bahwa mereka tidak menyembunyikan rompi peledak atau persenjataan lainnya”.

“Para tahanan diberikan kembali pakaian mereka jika memungkinkan,” tambahnya.

Israel telah lama mengatakan bahwa kompleks Al-Shifa yang luas, tempat para pengungsi Palestina berlindung bersama pasien dan staf, berada di atas pusat komando bawah tanah Hamas.

Hamas membantah menggunakan rumah sakit itu untuk tujuan militer.

Tentara Israel mengatakan pada hari Jumat bahwa pasukan “terus melakukan aktivitas operasional yang tepat di area Rumah Sakit Al-Shifa sambil mencegah bahaya terhadap warga sipil, pasien, tim medis, dan peralatan medis”. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home