Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:17 WIB | Jumat, 25 Februari 2022

Warga Rusia Merasa Malu Negaranya sebagai Agresor

Ribuan orang protes invasi ke Ukraina di sejumlah kota, dan ribuan ditangkap aparat keamanan.
Warga Rusia Merasa Malu Negaranya sebagai Agresor
Petugas polisi menahan demonstran di Moskow, Rusia, hari Kamis, 24 Februari 2022, setelah serangan Rusia di Ukraina. Ratusan orang berkumpul di pusat kota Moskow pada hari Kamis, memprotes serangan Rusia di Ukraina. Banyak demonstran yang ditahan. Protes serupa terjadi di kota-kota Rusia lainnya, dan para aktivis juga ditangkap. (Foto: AP/Dmitry Serebryakov)
Warga Rusia Merasa Malu Negaranya sebagai Agresor
Petugas polisi menahan seorang demonstran dengan poster bertuliskan: "Saya menentang perang", di Moskow, Rusia, Kamis, 24 Februari 2022. (Foto: AP/Denis Kaminev)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Ribuan orang Rusia mengecam invasi negara mereka ke Ukraina ketika seruan emosional untuk protes meningkat di media sosial. Sekitar 1.745 orang di 54 kota Rusia ditahan, sedikitnya 957 di antara mereka di Moskow.

Ratusan unggahan mengalir untuk mengecam tindakan paling agresif Moskow sejak invasi Soviet ke Afghanistan pada 1979. Vladimir Putin menyebut serangan itu sebagai “operasi militer khusus” untuk melindungi warga sipil di Ukraina timur dari “genosida.” Ini adalah klaim palsu yang telah diprediksi Amerika Serikat akan menjadi dalih untuk invasi, dan yang ditolak mentah-mentah oleh banyak orang Rusia.

Tatyana Usmanova, seorang aktivis oposisi di Moskow, menulis di Facebook bahwa dia pikir dia sedang bermimpi ketika dia bangun pada pukul 5:30 pagi dan membaca berita, yang dia sebut "aib yang akan selamanya bersama kita sekarang."

“Saya ingin meminta maaf kepada warga Ukraina. Kami tidak memilih mereka yang melancarkan perang,” katanya.

Petisi Tolak Invasi

Saat suara sirene terdengar di Kiev, ibu kota Ukraina, dan ledakan besar terdengar di sana dan di kota-kota lain, warga Rusia menandatangani surat terbuka dan petisi online menuntut Kremlin menghentikan serangan itu, yang menurut menteri kesehatan Ukraina telah menewaskan sedikitnya 57 warga Ukraina dan melukai puluhan lainnya.

“Opini publik kaget, orang kaget,” kata analis politik Abbas Gallyamov kepada The Associated Press.

Satu petisi, yang dimulai oleh seorang advokat hak asasi manusia terkemuka, Lev Ponomavyov, mengumpulkan lebih dari 150.000 tanda tangan dalam beberapa jam dan lebih dari 330.000 pada akhir hari.

Lebih dari 250 jurnalis mencantumkan nama mereka di surat terbuka yang mengecam agresi tersebut. Satu lagi ditandatangani oleh sekitar 250 ilmuwan, sementara 194 anggota dewan kota di Moskow dan kota-kota lain menandatangani yang ketiga.

“Saya sangat mengkhawatirkan orang-orang, saya khawatir sampai menangis,” kata Zoya Vorobey, seorang penduduk Korolyov, sebuah kota di luar Moskow, suaranya serak. “Saya sudah menonton televisi sejak pagi ini, setiap menit, untuk melihat apakah ada yang berubah. Sayangnya, tidak ada.”

Beberapa selebritas dan tokoh masyarakat Rusia, termasuk beberapa yang bekerja untuk TV pemerintah, berbicara menentang serangan itu. Yelena Kovalskaya, direktur teater Moskow yang didanai negara, mengumumkan di Facebook bahwa dia berhenti dari pekerjaannya, dengan mengatakan "tidak mungkin bekerja untuk seorang pembunuh dan dibayar olehnya."

“Saya tahu bahwa saat ini banyak dari Anda merasa putus asa, tidak berdaya, malu atas serangan Vladimir Putin terhadap negara sahabat Ukraina. Tapi saya mendorong Anda untuk tidak putus asa," kata aktivis hak asasi manusia, Marina Litvinovich, dalam sebuah pernyataan video di Facebook, menyerukan protes massal hari Kamis malam.

“Kami, orang-orang Rusia, menentang perang yang telah dilancarkan Putin. Kami tidak mendukung perang ini, ini dilakukan bukan atas nama kami," kata Litvinovich.

Tindakan Keras Pemerintah

Tetapi pihak berwenang tidak menggubris semua itu. Sebaliknya pemerintah mengambil tindakan keras.

Di Moskow dan kota-kota lain, mereka bergerak cepat untuk menindak suara-suara kritis. Litvinovich ditahan di luar kediamannya tak lama setelah memposting panggilan protes. OVD-Info, sebuah kelompok hak asasi yang melacak penangkapan politik, melaporkan bahwa 1.745 orang di 54 kota telah ditahan pada Kamis malam, setidaknya 957 di antara mereka di Moskow.

Komite Investigasi Rusia mengeluarkan peringatan pada Kamis sore untuk mengingatkan warga Rusia bahwa protes yang tidak sah melanggar hukum.

Roskomnadzor, pengawas komunikasi dan media negara, menuntut agar media Rusia menggunakan “informasi dan data yang mereka dapatkan hanya dari sumber resmi Rusia.” Beberapa media melaporkan bahwa karyawan perusahaan tertentu yang didanai negara diperintahkan untuk tidak mengomentari secara terbuka peristiwa di Ukraina.

Pendukung hak asasi manusia memperingatkan gelombang baru represi terhadap perbedaan pendapat.

“Akan ada kasus (kriminal) baru yang melibatkan subverters, mata-mata, pengkhianatan, penuntutan protes antiperang, akan ada penahanan jurnalis dan blogger, mereka yang menulis posting kritis di media sosial, larangan investigasi situasi di tentara dan sebagainya,” tulis advokat hak asasi manusia terkemuka Pavel Chikov di Facebook.

“Sulit untuk mengatakan seberapa besar gelombang baru ini, mengingat semuanya sudah ditekan.”

Terlepas dari tekanan dari pihak berwenang, lebih dari 1.000 orang berkumpul di pusat kota Moskow pada Kamis malam, meneriakkan "Tidak untuk perang!" saat mobil-mobil yang lewat membunyikan klakson mereka. Ratusan orang juga turun ke jalan di St. Petersburg dan puluhan di Yekaterinburg.

“Ini adalah hari yang paling memalukan dan mengerikan dalam hidup saya. Aku bahkan tidak bisa pergi bekerja. Negara saya adalah agresor. Aku benci Putin. Apa lagi yang harus dilakukan untuk membuat orang membuka mata?” kata Yekaterina Kuznetsova, insinyur berusia 40 tahun yang bergabung dalam demonstrasi di St. Petersburg, mengatakan kepada AP.

Garis resmi Rusia sementara itu tetap keras kepala. Ketua majelis tinggi parlemen, Valentina Matviyenko menuduh bahwa mereka yang berbicara menentang serangan itu hanya peduli dengan "masalah sesaat" mereka.

TV pemerintah melukiskan serangan itu sesuai dengan apa yang dikatakan Putin dalam pidatonya yang disiarkan di televisi.

Pembawa acara TV Russia 1, Olga Skabeyeva  menyebutnya sebagai upaya "untuk melindungi orang-orang di Donbas dari rezim Nazi" dan mengatakan itu "tanpa berlebihan, persimpangan penting dalam sejarah." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home