Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:11 WIB | Jumat, 25 Februari 2022

AS Usir Wakil Dubes Rusia di Washington

AS Usir Wakil Dubes Rusia di Washington
Seorang warga berdiri di antara puing-puing rumahnya setelah penembakan Ukraina di wilayah yang dikendalikan oleh militan pro Rusia, Ukraina timur, Kamis, 24 Februari 2022. Pasukan Rusia telah meluncurkan serangan tiga arah ke Ukraina yang dibuka dengan udara dan rudal serangan terhadap fasilitas militer Ukraina dan termasuk pasukan darat yang menyerang dari Krimea. (Foto: AP/Alexei Alexandrov)
AS Usir Wakil Dubes Rusia di Washington
Sebuah mobil memasuki Kedutaan Besar Rusia di Washington. (Foto: dok. AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat telah mengusir diplomat nomor dua Rusia di kedutaannya di Washington, kata Departemen Luar Negeri AS, mengumumkan Kamis, karena ketegangan dengan Moskow terus meningkat atas invasi ke Ukraina.

Ini dilakukianh sepekan setelah diumumkan bahwa Rusia telah mengusir Wakil Kepala Misi AS, Bart Gorman dari Moskow.

“Kami mengambil tindakan ini sebagai tanggapan langsung terhadap pengusiran Rusia yang tidak beralasan dari Wakil Kepala Misi kami,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri.

Rusia memutuskan untuk mengusir Gorman sebagai tanggapan atas keputusan AS yang memaksa diplomat Rusia di AS untuk meninggalkan negara itu setelah tiga tahun.

Ini juga sebagai tanggapan atas batasan Rusia pada diplomat AS di Moskow dan bagian lain Rusia.

“Sejalan dengan kebijakan ini, kami memberi tahu Rusia bahwa diplomat Rusia yang telah tinggal di Amerika Serikat lebih dari tiga tahun diharapkan untuk pergi, dan bahwa kami akan menegakkan kebijakan ini,” kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri pekan lalu, menambahkan bahwa Rusia mengatakan akan membalas.

Diplomat Rusia diberi pemberitahuan minimal lima bulan sebelum tanggal keberangkatan yang ditentukan dari AS, kata pejabat Departemen Luar Negeri sebelumnya.

“Sebagai tanggapan, Rusia mengharuskan diplomat AS untuk pergi jauh sebelum akhir tiga tahun, memberi mereka waktu dua pekan untuk meninggalkan negara itu,” tambah pejabat itu.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home