Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 09:15 WIB | Kamis, 01 Juni 2017

Waspada Potensi Hujan Lebat hingga 3 Juni 2017

Ilustrasi: Hujan. (Foto: Dok satuharapan.com/Istimewa)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Meningkatnya kejadian bencana hidrometeorologi di beberapa wilayah Indonesia seperti banjir di Padang, serta angin kencang di Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Sulawesi Tenggara dalam beberapa hari terakhir ini, dipicu oleh kondisi atmosfer yang sangat labil di wilayah Indonesia.

Kondisi itu disebabkan oleh beragam fenomena, dari daerah pertemuan angin hingga dinamika atmosfer skala yang lebih luas. Besarnya pengaruh lokal dan tingginya pemanasan mengakibatkan periode saat ini hingga akhir Juli nanti, memicu peningkatan intensitas Thunderstorm yang memungkinkan terjadi petir dan angin kencang. Dalam beberapa hari ke depan suplai uap air sebagai pendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera masih relatif tinggi.

Diperkirakan akan terjadi peningkatan curah hujan disertai peluang kejadian angin kencang serta gelombang tinggi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui siaran pers mengingatkan masyarakat di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua, waspada.

Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan jalan licin.

Pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, dan masyarakat di wilayah pesisir, diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,5 - 4,0 meter di perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan selatan Jawa hingga Sumba, perairan selatan Pulau Sawu, Samudra Hindia barat Sumatra hingga selatan NTT, Laut Timor, Laut Banda, perairan Baubau - Kepulauan Wakatobi, perairan selatan Kepulauan Kei - Kepulauan Aru, Perairan Kepulauan Sermata - Kepulauan Leti, Perairan Kepulauan Babar - Kepulauan Tanimbar, Laut Arafuru.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi terkini cuaca 24 jam melalui: call center 021-6546318; http://www.bmkg.go.id;  follow Twitter @infoBMKG; App Store & Play Store: Info BMKG;  atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (PR)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home