Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 11:25 WIB | Rabu, 07 September 2016

WCC Berharap Kerja Sama Lebih Erat dengan Vatikan

Kardinal Peter Turkson (kiri) dan Olav Fykse Tveit (kanan). (Foto: oikoumene.org)

LAUSANNE, SATUHARAPAN.COM – World Council of Churches (WCC) atau Dewan Gereja Dunia berharap dapat bekerja sama lebih erat dengan Gereja Katolik, sehubungan dengan penunjukan Kardinal Peter Turkson oleh Gereja Katolik sebagai ketua dikasteri (sebuah departemen besar dalam Gereja Katolik) yang bernama Promoting Integral Human Development atau Departemen yang Mensosialisasikan Pembangunan Manusia Secara Integral.  

Dalam sebuah surat kepada Turkson pada Senin (5/9), Sekretaris Umum WCC, Olav Fykse Tveit, mengharapkan Kardinal Turkson sebagai sosok yang berkomitmen untuk keadilan dan perdamaian, dan berharap dapat bekerja sama lebih lanjut.

“Saya pribadi sangat senang dengan perkembangan hubungan dengan Gereja Katolik dalam beberapa tahun terakhir, terutama bila mengacu kepada Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim di Paris (COP 21) dan pertemuan berikutnya di Roma dan Davos,” kata Tveit.  

Menurut Life Site News, beberapa waktu lalu, Paus Fransiskus menciptakan departemen baru yang bernaung di bawah gereja Katolik tersebut dan mengangkat kardinal asal Ghana tersebut sebagai ketua.

Pengumuman itu berlangsung dua pekan setelah Paus Fransiskus mengumumkan pembentukan departemen baru lainnya yakni “Dicastery for the Laity, the Family and Life” atau departemen yang membawahi kaum awam dan kehidupan keluarga, yang dikepalai Uskup asal Amerika Serikat, Kevin Farrell.

Paus Fransiskus menjelaskan pembangunan manusia dan gereja harus dipahami banyak orang, dan harus dianggap sebagai tindakan yang membutuhkan sosialisasi banyak pihak untuk dipromosikan. “Pembangunan manusia, gereja, dan Alkitab merupakan beberapa unsur yang tidak dapat dipisahkan,” kata Paus Fransiskus.

Paus juga menjelaskan departemen yang dikepalai Peter Turkson tersebut menangani masalah mengenai migran, kelompok yang membutuhkan, yang sakit, yang terpinggirkan, yang dipenjarakan, pengangguran, korban konflik bersenjata, bencana alam, dan segala bentuk perbudakan dan penyiksaan. 

“Dunia sedang menunggu kerja sama antargereja yang berakar pada keyakinan teologis kami mengenai kesatuan Gereja, keluarga manusia dan segala ciptaan,” tulis Tveit.

Ia menambahkan keyakinan tentang keluarga manusia dan segala ciptaan ditunjukkan dengan semangat seluruh gereja di dunia dalam menyukseskan perayaan  “Hari Doa Sedunia untuk Perawatan Penciptaan”. (oikoumene.org/lifesitenews.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home