Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 09:43 WIB | Selasa, 20 Desember 2016

WCC Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Paus Fransiskus

Paus Fransiskus (kanan) dan Sekretaris Jenderal World Council of Churches, Dewan Gereja Dunia, Olav Fykse Tveit (kanan). (Foto: ecumenicalnews.com)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Jenderal World Council of Churches (WCC) Dewan Gereja Dunia, Olav Fykse Tveit, mengirimkan ucapan selamat ulang tahun ke-80 bagi Paus Fransiskus, dan mengapresiasi langkah besar yang telah dilakukan Paus Fransiskus dalam menyatukan gereja.  

“Saya ingat dengan sukacita kunjungan terakhir Anda (Paus Fransiskus) ke Lund (Swedia) saat merayakan ziarah perjalanan dari konflik ke penyatuan antara Roman Catholic Church (gereja Katolik Roma) dan Lutheran World Federation di mana kita bisa berpartisipasi,” kata Tveit dalam suratnya, seperti diberitakan oikoumene.org, hari Senin (19/12).

"Anda sering berbicara tentang penyatuan yang saat ini masih berlangsung, dan tentang perjalanan kita yang berusaha merangkai perjalanan kita menuju murid Yesus Kristus,” tulis dia.

Tveit mengatakan dalam pertemuan puncak kesepuluh WCC mengajak umat Kristiani dan seluruh orang agar mempercayai kemurahan Tuhan, untuk berbalik dan bergabung dengan ziarah keadilan Tuhan tentang perdamaian dalam iman, pengharapan dan kasih.  

"Saya yakin bahwa kita akan memiliki kesempatan untuk bertemu lagi di masa depan dan mengeksplorasi bersama-sama bagaimana untuk bergerak maju dengan visi ziarah sebagai model bagi gerakan oikumenis," demikian kesimpulan pernyataan tersebut.

Paus Fransiskus merayakan ulang tahun ke-80 nya dengan menyantap sarapan dengan sekelompok tunawisma dari berbagai negara yang ada di seluruh Santo Petrus dan mengundang mereka untuk ikut dalam misa.

Seperti diberitakan Catholic News Agency, hari Sabtu (17/12), Paus Fransiskus dalam hari ulang tahun tersebut memberi kartu ulang tahun dan kartu Natal khusus kepada orang miskin dan yang membutuhkan. (oikoumene.org/catholicnewsagency.com)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home