Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:57 WIB | Selasa, 25 Agustus 2020

WHO: Atasi Penularan COVID-19, Anak 12 Tahun ke Atas Harus Memakai Masker

Seorang anak mengenakan masker pelindung melihat melalui jendela saat bepergian dengan kereta komuter, ketika wabah penyakit virus corona (COVID-19) mencapai kota Jakarta, Indonesia. (Foto: dok. Reuters)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa anak-anak berusia 12 tahun ke atas harus memakai masker untuk membantu mengatasi pandemi COVID-19 dalam kondisi yang sama dengan orang dewasa. Sementara itu, anak-anak berusia antara enam dan 11 tahun harus memakainya dengan pendekatan berbasis risiko.

Anak-anak berusia 12 tahun ke atas sebaiknya mengenakan masker ketika jarak satu meter dari orang lain tidak dapat dijamin dan ada penularan yang meluas di daerah tersebut, kata WHO dan Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-bangsa (UNICEF) dalam dokumen di situs web WHO.

Apakah anak-anak berusia antara enam dan 11 tahun harus memakai masker bergantung pada sejumlah faktor, termasuk intensitas penularan di daerah tersebut, kemampuan anak untuk menggunakan masker, akses ke masker dan pengawasan orang dewasa yang memadai, kata kedua organisasi tersebut.

Dampak potensial pada pembelajaran dan perkembangan psiko-sosial, dan interaksi yang dihadapi anak dengan orang-orang yang berisiko tinggi mengembangkan penyakit serius, juga harus berperan.

Anak-anak berusia lima tahun ke bawah tidak boleh diharuskan memakai masker berdasarkan keselamatan dan minat keseluruhan anak, kata WHO dan UNICEF.

Sebuah studi menunjukkan bahwa anak-anak yang lebih tua berpotensi memainkan peran yang lebih aktif dalam penularan virus corona baru daripada anak-anak yang lebih kecil, kata WHO dan UNICEF.

Kedua organisasi itu menambahkan bahwa lebih banyak data diperlukan untuk lebih memahami peran anak-anak dan remaja dalam penularan virus, yang menyebabkan COVID-19.

WHO pertama kali menyarankan orang untuk memakai masker di depan umum pada 5 Juni untuk membantu mengurangi penyebaran penyakit, tetapi sebelumnya tidak mengeluarkan pedoman khusus untuk anak-anak.

Lebih dari 23 juta orang telah dilaporkan terinfeksi oleh virus corona secara global sejak pertama kali diidentifikasi di China tahun lalu dan 798.997 orang telah meninggal. (Reuters).

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home