Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:00 WIB | Selasa, 07 Juni 2016

Will Smith dan Lennox Lewis akan Usung Peti Jenazah Muhammad Ali

Will Smith dan Muhammad Ali di pembuatan film biografi Ali, tahun 2001. (Foto: Facebook Will Smith)

LOUISVILLE, SATUHARAPAN.COM - Aktor Will Smith dan mantan juara tinju kelas berat dunia Lennox Lewis bersama enam orang lainnya akan bertugas sebagai pengusung peti jenazah saat pemakaman Muhammad Ali pada hari Jumat (10/6).

Ali, seorang petinju legendaris dan aktivis hak-hak sipil yang menjadi salah satu tokoh berpengaruh pada abad ke-20, meninggal dunia pada usia 74 tahun karena masalah kesehatan yang diperparah dengan perjuangan panjang melawan penyakit Parkinson.

Smith, yang membintangi film biografi "Ali" garapan Michael Mann pada 2001, berteman dekat dengan legenda tinju tersebut setelah film itu digarap. Dalam film "Ali", Will Smith mendapat nominasi di Academy Awards sebagai aktor terbaik.

"Tidak diragukan lagi, dia adalah petinju hebat. Dia yang terbesar selama ini," kata Smith tahun lalu.

Muhammad Ali dan Lennox Lewis tahun 2001. (Foto: telegraph.co.uk/PA/Rebecca Naden)

Sedangkan Lewis, yang lahir di Inggris, dianggap sebagai salah satu petinju terhebat selama 25 tahun terakhir dan telah memenangkan beberapa gelar juara dunia pada 1990-an hingga 2000-an juga peraih medali emas olimpiade.

Kedua selebritas tersebut akan mengangkat peti jenazah Ali bersama dengan enam anggota keluarga dan teman dekat keluarga, ungkap juru bicara keluarga Ali, Bob Gunnell hari Senin (6/6) saat mengumumkan detail upacara pemakaman.

Upacara pemakaman akan digelar secara terbuka dan dijadwalkan berlangsung pada Jumat di kampung halaman Ali di Louisville, Kentucky. Prosesi itu akan disiarkan ke seluruh dunia.

Bob Gunnell mengatakan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan menghadiri pemakaman. Mantan presiden AS, Bill Clinton, komedian Billy Crystal dan jurnalis olahraga Bryant Gumbel akan menyampaikan pidato, bersama istri Ali yakni Lonnie dan putrinya Maryum. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home